Minggu, 19 Mei 2024

Tim Manajemen MAN 4 Jakarta Studi Tiru ke MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo, (Humas MAN 2 Kulon Progo) – MAN 2 Kulon Progo mendapat kehormatan untuk menerima kunjungan studi tiru Tim Manajemen MAN 4 Jakarta yang beralamat di Jalan Ciputat No. 5 Jakarta pada Senin, 13 Mei 2024.

Tim yang terdiri dari 11 orang ini diterima langsung oleh Kepala MAN 2 Kulon Progo, didampingi oleh Kepala Tata Usaha, empat Wakil Kepala Madrasah, Kepala Unit Produksi Program Keterampilan, dan beberapa staf kehumasan. Acara penyambutan berlangsung di Theater Room Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu di Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 4 Jakarta, Wido Prayoga, M.Pd, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya. Ia menjelaskan bahwa salah satu tujuan kunjungannya adalah untuk belajar, dan meniru jejak langkah berbagai inovasi yang telah dibuat dan diaplikasikan di MAN 2 Kulon Progo, yang sudah berhasil membuat madrasah tersebut maju dan masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kemen PANRB.

Hal lain yang menjadi fokus kunjungan tersebut adalah pelaksanaan penerapan program SKS bagi para siswa yang mempunyai kelebihan kecepatan belajar, dan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Menurutnya, banyak referensi dari berbagai pihak yang merekomendasikan untuk mengunjungi MAN 2 Kulon Progo.

Kepala MAN 2 Kulon Progo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa madrasahnya memiliki banyak amanah yang harus dijalankan, di antaranya sebagai Madrasah Ramah Anak, Madrasah Digital, Madrasah Tanggap Bencana, Madrasah Adiwiyata, Madrasah SKS, dan Madrasah plus Keterampilan. Semua program ini harus berjalan seiring sejalan untuk mencapai tujuan pendidikan yang holistik.

Beberapa inovasi unggulan MAN 2 Kulon Progo di antaranya adalah MAN de Motefa untuk program keterampilan, dan Program Studi Lanjut yang mendorong siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Inovasi ini telah berkontribusi sehingga MAN 2 Kulon Progo masuk dalam Top 1000 SMA/SMK/MA Terbaik di Indonesia.

Sebagai Madrasah Ramah Anak, MAN 2 Kulon Progo salah satunya menghapus hukuman (punishment) dalam proses pembelajaran dan pembinaan, menggantikannya dengan pendekatan pembinaan yang lebih positif. Program-program lain yang turut diperkenalkan antara lain Sekar (Senin Berkarakter), Sapperu (Sapa Peserta Pegawai dan Guru), Narsis (Pembinaan Karakter Peserta Didik), Fasdaku (Forum Aspirasi Siswa Mandaku), Rawat Inap Mandaku, Tarling (Keterampilan Keliling), LADI (Layanan Digital – Cettar, ADM, E Piket, Micobot, Troya). (Giant/Ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Fathia
Fathia
3 jam yang lalu

Alhamdulillah,

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
4 jam yang lalu

Semoga ilmu yang didapat dari Mandaku dapat di ATM dan menjadi jariyah kebaikan bagi Madrasah.

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x