Minggu, 19 Mei 2024

Staf Waka Humas MAN 2 Kulon Progo Ikuti Bimtek Jurnalistik

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Farida Ari Kusuma, S.Pd.Si, salah satu staf Wakil Kepala Bidang Humas  MAN 2 Kulon Progo mengikuti Bimbingan Teknis (BImtek) Jurnalistik dan Pengelolaan Media Sosial, Selasa (14/5/2024). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Lantai 2 Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo yang terletak di Jalan Bhayangkara Serut Pengasih. Bimtek ini diikuti oleh  38 pegawai dari berbagai Madrasah dan KUA, dengan nara sumber dari Dosen UIN Sunan Kalijaga dan Manager Online Tribun Jogja.

Rangkaian kegiatan diawali acara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. Muhamad Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd. dan Kasubbag TU, H. Saeful Hadi S.Ag. M.Pd.I. Dalam sambutannya, Muhammad Wahib Jamil menekankan pentingnya tugas jurnalisme sebagai upaya pertanggung jawaban menyampaikan informasi kegiatan instansi kepada masyarakat.

“Saat ini telah terjadi pertarungan digital, berbagai macam informasi dan gambar secara bebas telah tersebar di media sosial. Kita selayaknya hadir sebagai penyeimbang dengan mengisi ruang publik dengan berbagai hal positif serta memberikan pencerahan kepada masyarakat.” imbuh Wahib Jamil.

Salah satu narasumber, Dr. Rama Kertamukti, M.Sn, dari UIN Sunan Kalijaga, ini menyampaikan materi tentang Optimalisasi Branding Instansi Melalui Media Sosial. “Media sosial itu memiliki logikanya sendiri-sendiri, Instagram tentu harus diisi dengan foto yang estetik dan informatif, twitter selayaknya harus sering bercuit, dan sebagainya. Penting untuk memahami logika dari masing-masing media sosial tersebut agar dapat memberikan hasil yang optimal” tekan Rama.

Kegiatan diakhiri dengan tips dan trik dalam mengevaluasi website dan media sosial yang dipandu oleh Ikrob Didik Irawan dari Harian Tribun Jogja. “Evaluasi pengunjung di website instansi masing-masing, teliti berita mana yang paling sering dikunjungi. Manfaatkan informasi tersebut untuk menyusun jenis berita/konten tersebut, karena yang mungkin akan sering dikunjungi adalah jenis berita/konten yang sama,” tuturnya.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, menyambut baik keikutsertaan Farida Ari Kusuma dalam Bimtek ini. “Kami sangat mendukung upaya peningkatan kompetensi staf melalui berbagai pelatihan. Dengan kemampuan jurnalistik yang baik, kami dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan citra positif madrasah kepada masyarakat,” ujar Muhadi.

Farida Ari Kusuma menyampaikan bahwa Bimtek ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan jurnalistik dan pengelolaan media sosial bagi para staf humas. “Saya merasa banyak mendapatkan wawasan baru, terutama dalam memahami strategi branding dan cara efektif menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media sosial,” ungkapnya. Farida juga menambahkan bahwa ilmu yang didapat dari kegiatan ini akan segera diterapkan dalam tugas-tugas humas di MAN 2 Kulon Progo.

Ia mengungkapkan harapannya agar kegiatan serupa dapat rutin diadakan untuk terus meningkatkan kompetensi bidang kehumasan. “Kami berharap pelatihan seperti ini bisa menjadi agenda rutin, sehingga kemampuan kami dalam mengelola informasi dan media sosial semakin optimal. Dengan demikian, kami bisa memberikan kontribusi yang lebih baik dalam menyebarkan informasi positif tentang kegiatan dan prestasi madrasah,” tambahnya.

Kegiatan Bimtek Jurnalistik dan Pengelolaan Media Sosial ini ditutup dengan sesi foto bersama para peserta dan narasumber. Semua peserta berharap ilmu yang telah diperoleh dapat diaplikasikan dengan baik di instansi masing-masing, dan memberikan dampak positif bagi penyebaran informasi di era digital ini. (Rid/Giant)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Fathia
Fathia
4 jam yang lalu

Bravo👏

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
5 jam yang lalu

Alhamdulillah jurnalis Mandaku mantap

Giek
Giek
4 hari yang lalu

Bravo

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x