Minggu, 19 Mei 2024

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tegaskan MAN 2 Kulon Progo sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2024

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara resmi menetapkan MAN 2 Kulon Progo sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2024 melalui Surat Keputusan Nomor: 6721 tertanggal 30 April 2024. Dengan penetapan ini, MAN 2 Kulon Progo akan memegang predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional selama 4 tahun ke depan, yakni dari tahun 2024 hingga 2028.

Sekolah Adiwiyata merupakan program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk mendorong sekolah atau madrasah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. MAN 2 Kulon Progo berhasil meraih predikat ini melalui komitmen dan kerja keras dalam mengimplementasikan program-program lingkungan yang berkelanjutan di lingkungan sekolah.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih M.Pd, menyambut gembira dan bersyukur atas penetapan MAN 2 Kulon Progo sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2024. Beliau menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kolaborasi dan kerja keras seluruh civitas akademika MAN 2 Kulon Progo. “Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pelestarian lingkungan hidup, dalam menerapkan praktik berkelanjutan,” ujar Hartiningsih.

Sementara itu, Koordinator Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo, Drs. Amir Ma’ruf, MA, mengungkapkan bahwa MAN 2 Kulon Progo memiliki organisasi kesiswaan yang aktif bergerak dalam bidang adiwiyata, dikenal dengan nama Tim Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo atau dengan nama kebanggaan Tamandaku. “Kami sangat bersemangat dalam menjalankan program-program lingkungan, terutama program Zero Waste dan Zero Paper. Melalui gerakan reduce, reuse, dan recycle, kami berupaya meminimalisasi sampah dan penggunaan kertas di lingkungan sekolah,” tutur Ma’ruf.

Amir Ma’ruf menambahkan kegiatan nyata dari gerakan waste reduce and reuse adalah penggunaan kembali bahan-bahan yang tak terpakai seperti plastic, kain, dan kertas bekas untuk dirancang menjadi busana yang anggun yang dipraktikkan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rajmatan lil ‘Alamin (P2RA). Kegiatan lain yang rutin dilakukan oleh Tim Adiwiyata adalah memberikan penyuluhan kepada teman-teman pentingnya membuat kompos, kegiatan di green house, menanam pohon atau bertaman, menafaatkan sampah sebagai bahan penelitian.

Dengan komitmen dan kerja keras dari seluruh elemen di MAN 2 Kulon Progo, diharapkan Sekolah Adiwiyata Nasional ini akan terus menjadi pelopor dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. (Giant)

Top of Form

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Fathia
Fathia
3 jam yang lalu

Alhamdulillah,

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
3 jam yang lalu

Semoga terjaga bumi Mandaku dengan istiqomah peduli lingkungan… Aamiin

Giek
Giek
8 hari yang lalu

Bravo

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x