SEKILAS DKV (Desain Komunikasi Visual)
DEFINISI
Istilah Desain Komunikasi Visual, terdiri kata desain, komunikasi, dan visual.
- Desain berasal dari bahasa Perancis โdesinerโ yang berarti menggambar, merancang, menciptakan bentuk pola dua maupun tiga dimensi.
- Komunikasi (Latin: Communis) yang artinya memberitahukan, yaitu memberikan dan menyebarkan informasi, berita, pesan, ide-ide.
- Visual merupakan bentuk nyata, yang bisa dilihat dan bisa didengar.
Ketiga pengertian keilmuan di atas dalam desain komunikasi visual adalah keterampilan dalam menciptakan media informasi yang bersifat statis dan dinamis.
Desain komunikasi visual dalam pengertian yang luas adalah berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan media dua dimensi maupun tiga dimensi, baik statis maupun dinamis, seperti produk percetakan, televisi, film, animasi, dan internet.
Tujuan utama desain komunikasi visual, adalah menciptakan atau perencanaan media yang bersifat informatif, komunikatif dan estetik, serta persuasif karena dilengkapi dengan unsur psikologi massa dan teori pemasaran.
Secara operasional, DKV dapat dimanfaatkan untuk menciptakan strategi penyajian konten dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) agar lebih mudah dicerna (informative), menarik (interesting), dan merayu (persuasive) bagi penggunanya.
Paket Keahlian Desain Komunikasi Visual diharapkan mampu menciptakan lulusan professional yang dapat bersaing di dunia Usaha, industri dan pendidikan tinggi yang berbasis Lingkungan, Budaya, dan Keunggulan Lokal di tahun 2022 yang dilandasi iman dan taqwa.
TUJUAN
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang mampu mengembangkan karier, bersikap profesional, kompeten, dan terampil dalam pekerjaannnya pada bidang desain indoor outdoor dan fotografi
Tujuan yang ingin dicapai oleh Paket Keahlian Desain Komunikasi Visual MAN 2 Kulon Progo adalah :
- Mempersiapkan peseta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha/Dunia Industri sebagai tenaga menengah Desain Komunikasi Visual dengan dilandasi iman dan taqwa.
- Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, tekun, dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang Desain Komunikasi Visual.
- Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
- Membina peserta didik agar terbiasa membudayakan pelaksanaan ibadah agar menajdi manusia yang berakhlaquk kharimah.
- Mendisiplinkan peserta didik untuk turut menciptakan lingkungan hijau.
- Membiasakan pola hidup bersih dan sehat.
- Menanamkan pendidikan karakter peserta didik yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.
Usaha mandiri yang disiapkan bagi lulusan :
- Pembuatan video (video shooting, editing video, sampai hasil akhir)
- Foto studio
- Pembuatan kartu nama, undangan perkawinan, aneka barang sablon
- Pembuatan batik printing skala kecil
- Pembuatan pin asesori, dll
- Pembuatan aneka spanduk, banner, dll
- Periklanan
Bidang pekerjaan yang bisa dimasuki sebagai profesional menengah :
- Biro Advertising (Media Cetak, Visualiser)
- Televisi (Editing, Kameramen)
- Production House (Editing, Kameramen, Illustrator)
- Percetakan (Layout, Illustrator)
- Penerbitan (Layout, Illustrator)
- Perusahaan Desain (Merchandising, Illustrator, Praktisi)
- Foto Studio (Photographer, Photo Editor)
STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM KETERAMPILAN 2
(mengadopsi kurikulum yang ada diย SMK/MAK dengan perubahan/penyesuaian)
BIDANG KEAHLIANย ย ย ย :ย SENI RUPA DAN KRIYA
PROGRAM KEAHLIAN :ย SENI RUPA
PAKET KEAHLIAN ย ย ย ย ย ย :ย Desain Komunikasi Visual (DKV)
Daftar Mata Pelajaran:
- Dasar Bidang Keahlian
- Dasar โ dasar desain
- Pengetahuan bahan
C2.ย Dasar Program Keahlian
- Wawasan seni dan desain
- Sketsa dan gambar
- Simulasi Digital
C3.ย Paket Keahlian Desain Komunikasi Visual
- Komputer grafis
- Fotografi
- Videografi
- Sablon (Screen Printing)
Alokasi Waktu :
No. | Mata Pelajaran | Indeks |
ASUMSI 1 (Jml JP) |
ASUMSI 2 (Jml JP) |
ASUMSI 3 (Jml JP) |
1. | Dasar-dasar computer | 8 | 30 | 40 | 64 |
2. | Dasar โ dasar desain | 8 | 32 | 40 | 64 |
3. | Pengetahuan bahan | 4 | 16 | 20 | 32 |
4. | Wawasanย seni dan desain | 3 | 12 | 15 | 24 |
5. | Sketsa dan gambar | 3 | 12 | 15 | 24 |
6. | Instalasi I/O | 3 | 12 | 15 | 24 |
7. | Troubleshootingย dan perawatan komputer | 3 | 12 | 15 | 24 |
8. | Komputer administrasi | 9 | 36 | 45 | 72 |
9. | Komputer jaringan | 9 | 36 | 45 | 72 |
10. | Komputer grafis | 26 | 104 | 130 | 208 |
11. | Fotografi | 12 | 48 | 60 | 96 |
12. | Videografi | 12 | 48 | 60 | 96 |
13. | Simulasi digital | 6 | 24 | 30 | 48 |
14. | Sablon (screen printing) | 4 | 16 | 20 | 32 |
15. | Karya Desain Komunikasi Visual | 8 | 30 | 40 | 64 |
16. | Kewirausahaan DKV | 2 | 8 | 10 | 16 |
17. | PKL | ||||
Jumlah JP | 120 | 480 | 600 | 960 |