Minggu, 19 Mei 2024

Perbhara MAN 2 Kulon Progo 2024 Hari Pertama: Sampaikan Peran Pramuka bagi Sesama dan Lingkungan

Sleman (Humas MAN 2 Kulon Progo) Hari pertama pelaksanaan Perbhara 2024, para peserta Perbhara langsung terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, memperdalam pengetahuan, dan mempererat persaudaraan di antara mereka. Salah satu kegiatan utama yang menjadi sorotan adalah Scout Education Competition.

 

MAN 2 Kulon Progo menggelar Perkemahan Bhakti Karya Pramuka (Perbhara) di Jaka Garong Camp Ground dan Outbond di Jalan Turi Pakem Garongan Wonokerto Turi Sleman, selama tiga hari, dari Kamis hingga Sabtu, 2-4 Mei 2024. Acara tahunan ini diikuti oleh para seluruh siswa kelas X dengan antusias, menjanjikan serangkaian kegiatan yang menarik dan mendidik.

Setiap sangga diminta berdiskusi menyiapkan naskah atau materi dengan topic peran pramuka bagi ssesama dan lingkungan. Hasil diskusi menjadi dasar perwakilan sangga untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan para dewan hakim. Dari kompetisi ini diambil 1 juara putra dan 1 juara putri.

Salah satu anggota dewan juri, Prastiwi Nur Amin, M.Pd, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Scout Education Competition adalah:

  1. Pendidikan tentang Peran Pramuka: Peserta diajak untuk berlatih memberikan bimbingan kepada rekan sesama anggota Pramuka tentang peran Pramuka bagi sesama dan lingkungan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai kepemimpinan, kepedulian sosial, dan tanggung jawab terhadap lingkungan, yang merupakan prinsip-prinsip dasar dari gerakan Pramuka.
  2. Pengembangan Keterampilan Komunikasi: Melalui kegiatan ini, peserta akan belajar untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan persuasif kepada rekan-rekan mereka. Keterampilan komunikasi yang baik adalah kunci untuk menjadi pemimpin yang efektif, dan kegiatan ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk memperbaiki kemampuan mereka dalam berkomunikasi.
  3. Penguatan Persaudaraan: Scout Education Competition juga bertujuan untuk mempererat persaudaraan di antara peserta. Melalui proses berbagi pengetahuan dan pengalaman, peserta akan semakin merasa terhubung satu sama lain dan membangun hubungan yang kuat sebagai anggota Pramuka. (Giant)

 

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Fathia
Fathia
15 hari yang lalu

Sukses terus…

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
15 hari yang lalu

Alhamdulillah, sukses selalu

Tiwi
Tiwi
16 hari yang lalu

Semoga diberikan kelancaran acaranya

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x