Senin, 22 April 2024

Libatkan Dunia Usaha; MAN 2 Kulon Progo Gelar Budaya, P5, Karya Siswa Keterampilan, dan PKWU

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – MANDAKU). Dalam rangka memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk mengekspresikan diri sebagai hasil pembelajaran, MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan Gelar Budaya, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Karya Siswa Keterampilan, dan PKWU. Acara digelar dua hari (9-10/3/2023), Gelar Budaya dan P5 Rahmatan lil ‘Alamin diperuntukkan bagi kelas X pada pertama dan gelar Karya Siswa Program Keterampilan serta Kewirausahaan (PKWU) untuk kelas XII dilaksanakan pada hari kedua. Bertempat di aula Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo, acara berlangsung seru.

Hadir dalam acara Gelar Budaya dan P5, Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum., Sub Koordinator Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, peserta didik dan Kepala MTsN 3 Kulon Progo. Dalam sambutannya, Anita Isdarmini, menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya, adat, seni, dan kearifan lokal yang berbeda-beda. Para peserta didik harus menjaganya dengan memahami, memelihara, menghormati, menjaga, dan merawatnya. Dengan gelar karya dan gelar budaya ini, diharapkan para peserta didik menguasai makna yang terkandung dalam budaya dan seni sehingga kearifan lokal tetap terjaga. “P5 membangun nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan,” tegasnya.

Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo menyampaikan bahwa acara ini sangat penting diselenggarakan untuk memberikan ruang dan waktu kepada peserta didik mengekpresikan diri dengan cara menunjukkan kemampuan membuat karya sesuai dengan bidang keterampilan masing-masing. Ia juga menyatakan bahwa acara ini sebagai bentuk layanan prima kepada peserta didik sesuai dengan slogan MAN 2 Kulon Progo Siap Kuliah, Siap Kerja, dan Siap Berwirausaha’. Ia berharap para peserta didik menggujnakan kesempatan ini sebaik-baiknya.

“Berkaitan dengan Gelar Budaya dan P5, para peserta didik harus mampu menjaga kekayaan budaya, adat, seni, dan kearifan lokal untuk dijadikan jadi diri bangsa Indonesia. Berbeda dengan bangsa lain yang memaksakan keseragaman untuk menjaga keutuhan bangsanya, Indonesia menjadikan keragaman sebagai pemersatu bangsa,” tambahnya.

 

Sementara itu pada Gelar Karya Siswa Keterampilan dan PKWU dihadirkan reviewer dari rekanan MoU Batik Sembung Rianna Kusumawardhani dan Sri Purwanti salah seorang pengurus DPC PPJI (Perkumpulan Penyedia Jasaboga Indonesia) Kabupaten Kulon Progo periode 2019-2024 sekaligus pemilik Laras Catering. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Giek
Giek
1 tahun yang lalu

Semakin asyik

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x