Minggu , 26 Juni 2022

Calon Penegak Bantara MAN 2 Kulon Progo Ikuti Jelajah Alam

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo-MANDAKU) – Gerakan pramuka merupakan media untuk dapat membina anak bangsa menjadi generasi penerus yang tangkas, mandiri, berbakat, dan bersahaja dalam berbagai kegiatan. Maka dari itu diperlukan partisipasi aktif siswa. Untuk melatih jiwa Bantara pada siswa agar menjadi pribadi yang bertanggungjawab, disiplin, berani dan setia, MAN 2 Kulon Progo mengadakan jalajah alam yang diikuti oleh 70 siswa calon Bantara Sabtu, (11/05/2022) di hutan Jati dengan pemandangan yang sangat asri, Dobangsan  Gothakan Panjatan.

Acara diawali dengan upacara pembukaan. Sebagai pembina upacara, Farida Rahmawati, M.Pd., selaku Waka Kesiswaan. Dalam  sambutannya, Farida menyampaikan bahwa setiap calon Bantara harus mempunyai sikap yang disiplin, berani, setia, dan mampu bekerjasama dalam menyelesaikan masalah. “Kalian semua dalam kegiatan jelajah alam nanti, akan menghadapi berbagai tantangan di 6 pos yang sudah disediakan,” jelas Farida. “Semoga semua calon Bantara diberi kesehatan dan mempunyai semangat yang tinggi dalam dalam mengikuti kegiatan ini,”imbuhnya.

Jelajah alam diikuti 11 regu dan harus menyelesaikan tantangan seperti bagaimana membangun kerja sama dalam menyelesaikan masalah, memecahkan sandi-sandi, dan tali temali. Adapun jarak tempuh yang mesti dilalui sekitar 7,5 km.  Rute dimulai dari kampus 2, kearah timur menuju hutan jati Dobangsan Gothakan dan finis kembali ke kampus 2.

Haris Ahmad D., siswa kelas X IPS 3 calon Bantara mengungkapkan bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan ini. “ Meskipun lelah, saya merasa senang, asyik, lega, dapat mengenal lingkungan, bisa belajar  kerjasama, tali simpul, sandi morse, sandi kotak dan lain-lain,” ungkapnya dengan ekspresi senyum gembira. (est/ast)

 

Hits: 258

Bagikan pada...

Lihat juga

MAN 2 Kulon Progo Selenggarakan Workshop Madrasah Digital

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). Dalam upaya mencapai kemandirian menuju madrasah digital dalam rangka menhadapi …

5 Komentar

  1. Imam Muttaqien, STP

    Alhamdulillah..👍👍👍

  2. Siti Muslimah

    Selamat berjuang, berkarya dan berdharma adik adik Bantara MANDAKU memenuhi janji Satyamu

  3. Belajar, berkarya, berdharma

  4. Prajamuda karana menyiapkan generasi muda yg siap hidup dalam kehidupan nyata..😁👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.