Kamis, 8 Desember 2022

Pelantikan Penegak Bantara MAN 2 Kulon Progo Berjalan Khidmat

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU) – Penegak Bantara adalah tingkatan syarat-syarat kecakapan umum pertama dalam satuan pramuka penegak sebelum Penegak Laksana. Untuk mencapai tingkat Penegak Bantara, calon Penegak harus memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU). Pagi hingga sore, sebanyak 70 siswa yang tergabung dalam calon Bantara telah menjalani persyaratan tersebut. Dilanjut malamnya, pada  Sabtu (12/06/2022) di Hall Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, Kampus 2, MAN 2 Kulon Progo mengadakan pelantikan Penegak Bantara.

Tadarus bersama usai salat Magrib mengawali kegiatan malam pelantikan. Bertempat di Masjid An-Nur seluruh peserta khusyuk membaca dan menyimak bacaan Alquran dengan duduk melingkar. Seperti biasa, peserta putra dan putri pun dipisahkan oleh pembatas saf di masjid.

Sebelum pelantikan Pelantikan berjalan secara khidmat. Upacara pelantikan dimulai tepat pukul 21.00 WIB dengan menghidupkan api lilin dan pembacaan Dasadarma Pramuka serta dilanjutkan dengan ikrar Trisatya yang diucapkan oleh seluruh peserta pelantikan.

Pembina upacara, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. menyatakan bahwa ke-70 siswa telah sah menjadi Penegak Bantara. Hal ini karena mereka telah mengikuti berbagai ujian yang sangat melelahkan, diantaranya jelajah alam dengan berbagai tantangan yang bervarias. “Ananda semua mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan  Dasadarma Pramuka dan Trisatya . Amalkan apa yang sudah Ananda ucapkan dalam pelantikan,” pesan Hartiningsih.

“Ananda sebagai figur penegak maka sikap, perbuatan, dan tingkah laku harus tetap terjaga karena sebagai contoh atau rolemodel di madrasah dan masyarakat. Rasa cinta tanah air dan nasionalis menjadi ciri khas penegak bantara. Ananda diharapkan tetap semangat dan menjadi Penegak Bantara yang membanggakan, “imbuhnya.

Sementara itu Regina Mutiara Kelas X MIPA merasa senang dan terharu akhirnya bisa ikut dilantik  menjadi Penegak Bantara sesuai apa yang diimpikannya. “Saya senang meskipun campur aduk dengan lelah akhirnya bisa menjadi Penegak Bantara. Semoga saya bisa menepati janji sesuai dengan janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka di manapun berada,” ungkapnya dengan senyum yang manis. Selanjutnya renungan malam menutup acara pelantikan Penegak Bantara. (est/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
5 bulan yang lalu

Alhamdulillah…👍👍👍

Esti Winarni
Esti Winarni
5 bulan yang lalu

Salam Pramuka, selamat untuk adik-adik penegak yang telah dilantik BANTARA.Semoga jiwa pramuka selalu melekat dihati dan tercermin dalam tindakan kehidupan sehari-hari.

Siti Muslimah
Siti Muslimah
5 bulan yang lalu

Alhamdulillah… Selamat dan sukses adik adik Bantara MANDAKU siap mengemban amanat

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x