Minggu , 26 Juni 2022

Mustika Dewi Maghfirah MAN 2 Kulon Progo Lolos Lawatan Sejarah Tahun 2022 Tingkat Regional

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). Mustika Dewi Maghfirah, menjadi salah satu siswa yang lolos Seleksi Lawatan Sejarah Tahun 2022. Seleksi di laksanakan pada Ahad-Selasa, (29-31/5/2022) di Hotel Cavinton Yogyakarta, Jalan Letjen Suprapto Ngampilan Yogyakarta. Mustika dan Nayla Octavia Ramadhani mewakili MAN 2 Kulon Progo berdasarkan Surat Tugas no. 237/Ma.12.02/05/2022 tertanggal 27 Mei 2022.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY, yang bekerjasama dengan Dinas Dikpora DIY, Asosiasi Guru Sejarah, dan MGMP Sejarah tersebut diikuti oleh 90 peserta dari 45 SMA/MA/SMK yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tema seleksi lawatan sejarah tahun ini adalah Merajut Akulturasi Lintas Etnis dan Menelusuri Jalur Maritim Mataram Islam. “Program seleksi ini diselenggarakan untuk internalisasi kompetisi sejarah dan budaya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi S.S, M.A.

Pada hari terakhir pelaksanaan seleksi lawatan sejarah, diumumkan bahwa  dari 95 peserta tersebut diambil 15 peserta untuk mengikuti Seleksi Wisata Tahun 2022 Tingkat Regional. Akhirnya Mustika Dewi Maghfiroh (MAN 2 Kulon Progo) dan Aisah Agustina (SMAN 2 Wates) berhak mewakili Kabupaten Kulon Progo.

“Alhamdulillah, saya hanya menangis haru, bahagia, tak mengira bisa lolos mewakili MAN 2 Kulon Progo dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tingkat regional untuk berkompetisi dengan wakil-wakil provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur,” cerita Mustika mengenang saat-saat pengumuman.

Ia menceritakan betapa berat jalan yang harus ia lalui ketika menyampakan pemaparan atau presentasi esai. “Berbeda instruksi, kemarin dalam instruksinya menggunakan power point, kenyataannya saya harus berpidato, berdiri  di depan juri,” ungkapnya.

Motivasi Mustika mengikuti acara ini adalah bahwa ia ingin menggunakan kesempatan berkompetisi yang sangat jarang ini. “Ini kesempatan yang mungkin tak datang hingga dua kali dalam hidup saya,” sambungnya. Ia juga ingin melanjutkan raihan pada lomba sejarah juga yang ia juarai tahun sebelumnya. Ia berkata, “Saya penasaran dengan bidang sejarah, ternyata sejarah itu menarik sekali,” paparnya dengan mata berbinar.

Panzi Ahmad Ghazaly, S.Pd., selaku guru sejarah, menyambut raihan siswanya ini dengan antusias. Selanjutnya ia berharap mengapresiasi perjuangan Mustika Dewi Maghfirah dan Nayla Octivia Ramadhani sudah berjuang sangat keras di dalam seleksi lawatan sejarah ini. “Semoga di tingkat regional Mustika lebih semangat lagi. Kami tim sejarah MANDAKU dengan nama ‘Jas Merah’ selalu memberikan doa dan dukungan. Historia Magistra Vitae, sejarah adalah guru kehidupan,” pesannya. (giant/ast)

Hits: 163

Bagikan pada...

Lihat juga

MAN 2 Kulon Progo Selenggarakan Workshop Madrasah Digital

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). Dalam upaya mencapai kemandirian menuju madrasah digital dalam rangka menhadapi …

6 Komentar

  1. Siti Muslimah

    Alhamdulillah wa tabarakallah, Mba Mustika … Semoga lancar dan sukses di event berikutnya.

  2. Esti Winarni

    Alhamdulillah selamat ananda,insyaallah ada kemudahan dan kesuksesan pada tahapan berikutnya.
    Sukses selalu mbak mustika.

  3. Semoga siswa madrasah bisa ambil Contoh siswa madrasah spt ini..

  4. Maju terus, pantang mundur. Perjuangan akan membawa kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.