Minggu , 26 Juni 2022

OSIS dan MIY MAN 2 Kulon Progo Berbagi Paket Buka Puasa Zakat Fitrah

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). OSIS dan Mandaku Islamic Youth (MIY) MAN 2 Kulon Progo berbagi paket buka puasa dan  di Pondok Pesantren Tahfidz Alumni PGAN Wates Rujak Beling Sabuk Alu, di Kempong Banjaroya Kalibawang Kulon Progo, (29/4/2022). Siti Muslimah, selaku ketua rombongan dan koordinator kegiatan Ramadhan dan Jumat Berkah berkesempatan pula menyalurkan zakat fitrah secara simbolik, disaksikan sekitar 90 santri pondok yang hadir. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak kecil yang didampingi ibunya.

Siti Muslimah menyatakan bahwa kegiatan ini masih dalam rangkaian kegiatan Ramadhan MAN 2 Kulon Progo tahun 1443 H dan bertujuan untuk melaksanakan syiar Islam serta memupuk kepedulian untuk berbagi dengan sesama. Ia juga menyampaikan alasan memilih Pondok Rujak Beling Sabuk Alu, “Pondok ini adalah binaan para alumni PGA Wates dan alumni MAN 2 Kulon Progo (dulu MAN 2 Wates). Jadi kegiatan ini juga untuk melanggengkan silaturahmi antara madrasah dan para alumni,” terangnya.

Interaksi erat pun terjalin saat kakak-kakak perwakilan OSIS dan MIY mengisi acara sebelum berbuka dengan permainan edukasi. Antusiame santri pondok begitu membara saat mereka berebut menjawab kuis berupa pertanyaan-pertanyaan dan menjawab tantangan yang diberikan. Door prize yang disiapkan pun terbagi manis dengan sambutan santri yang penuh kejutan.

“Senang sekali bisa membersamai anak-anak ini. Mereka meskipun tidak tinggal di kota namun semangat dan keberanian mereka untuk tampil dan  menunjukkan eksistensi dirinya sangat besar. Mereka begitu bersemangat dan kompak,” kesan Athiya Diah Respati, ketua OSIS periode 2021/2022. Kebersamaan dan keceriaan terbangun mengalir begitu saja, hingga tak terasa waktu berbuka tiba. Selanjutnya mereka menikmati paket buka bersama berupa nasi kotak yang dimasak dan disajikan oleh para siswa kelas X dan XI yang mengikuti program keterampilan tata boga.

Berkenaan dengan zakat fitri, Siti Muslimah menyatakan bahwa zakat fitri berasal dari para guru, pegawai,  dan siswa MAN 2 Kulon Progo. Sebagian sudah disalurkan kepada siswa yang secara ekonomi dipandang kurang mampu, warga di sekitar madrasah, panti asuhan, dan sebagian dibawa ke pondok ini sebagai wadah penyaluran yang terakhir.

Siti Sichatun, salah seorang pengasuh, mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim Kegiatan Ramadhan MAN 2 Kulon Progo. Ia berharap agar silaturahmi antara warga pondok dan madrasah selalu terjalin dengan baik dan berkesinambungan. “Terima kasih MANDAKU, semoga selalu dekat dengan umat dan masyarakat, dan menjadi madrasah kebanggaan masyarakat Kulon Progo,” doanya.  (giant/ast)

Hits: 39

Bagikan pada...

Lihat juga

MAN 2 Kulon Progo Selenggarakan Workshop Madrasah Digital

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). Dalam upaya mencapai kemandirian menuju madrasah digital dalam rangka menhadapi …

2 Komentar

  1. Alhamd bisa turut serta mendoakan..👏👍

  2. Esti Winarni

    Alhamdulillah menambah pengalaman yang sangat berarti bagi siswa MANDAKU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.