Minggu, 19 Mei 2024

Menutup Malam Kedua Perkemahan Bhakti Karya Pramuka MAN 2 Kulon Progo: Hartiningsih Berikan Banyak Motivasi

Sleman, (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Malam kedua Perkemahan Bhakti Karya Pramuka (Perbhara) MAN 2 Kulon Progo ditutup dengan penuh semangat di Jaka Garong Camp Ground dan Outbond di Jalan Turi Pakem Garongan Wonokerto Turi Sleman pada Jumat, 3 Mei 2024. Acara ini diikuti oleh para siswa kelas X yang berlangsung dari Kamis hingga Sabtu, 2 hingga 4 Mei 2024.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, dengan antusias menyempatkan diri meninjau dan memberikan bekal serta motivasi penting menjiwai nilai-nilai Pramuka kepada para peserta. Kehadirannya dalam perkemahan tersebut menjadi penyemangat dan penambah motivasi bagi para peserta setelah mereka mengikuti kegiatan yang cukup melelahkan.

Hartiningsih menyampaikan bahwa Pramuka memiliki banyak manfaat untuk mempersiapkan diri menuju kehidupan di masa yang akan datang. “Jika kegiatan Pramuka diikuti dengan sungguh-sungguh, akan membantu dalam pembentukan karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki semangat kebersamaan,” ujarnya. Ia juga menekankan pentingnya nilai-nilai seperti disiplin, kerjasama, dan kejujuran yang bisa dipelajari melalui kegiatan Pramuka.

Selain itu, Hartiningsih menjelaskan bahwa melalui keterampilan yang dikembangkan dalam kegiatan Pramuka, peserta dapat mengembangkan keterampilan bertahan hidup, orientasi, memasak, serta keterampilan praktis lainnya yang bermanfaat sepanjang hidup. “Hal ini memungkinkan seorang anggota Pramuka untuk berkontribusi dalam pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Hartiningsih juga menekankan bahwa partisipasi dalam Pramuka membekali pemuda dengan keterampilan dan pengalaman yang bermanfaat untuk masa depan mereka. “Mulai dari keterampilan praktis hingga kepemimpinan dan keterampilan interpersonal, semua ini membantu mereka menjadi individu yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan,” katanya.

Mengakhiri materinya, Hartiningsih mengajak para peserta untuk menggunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya, dan mengikuti kegiatan yang tersisa dengan semangat. Tutup malam kedua Perkemahan Bhakti Karya Pramuka MAN 2 Kulon Progo ini memberikan semangat baru bagi para peserta untuk terus berkontribusi dalam Pramuka dan memanfaatkan setiap peluang untuk pembelajaran dan pengembangan diri.

Gendro Astuti, S.Pd, ketua Panitia Perbhara MAN 2 Kulon Progo 2024 mengungkapkan bahwa sampai hari kedua pelaksanaan perkemahan berlangsung lancar, tertib dan aman. “Anak-anak sangat semangat mengikuti semua agenda hari ini. Memang hari ini, kegiatan yang harus diikuti anak-anak sangat melelahkan tetapi anak-anak nampak enjoy. Kegiatan tadi pagi berupa jelajah alam sambil menikmati suasana perkampungan yang agak tinggi karena dekat dekat gunung merapi. Dan setelah shalat Dhuhur, anak-anak mengikuti kegiatan Scout Pioneering,” tutur Gendro Astuti. (Giant)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
14 hari yang lalu

Alhamdulillah

Gendro Astuti
Gendro Astuti
14 hari yang lalu

MANDAKU KEREENN

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x