Minggu, 19 Mei 2024

Amir Ma’ruf MAN 2 Kulon Progo Wakili Kabupaten Kulon Progo dalam Penguatan Forum Pegiat Adiwiyata Indonesia DIY

Gunungkidul (Humas MAN 2 Kulon Progo) Drs. Amir Ma’ruf, MA, pembina Tim Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo menjadi duta Dewan Pengurus Wilayah Himpunan Pegiat Adiwiyata (DPW HPAI) Kulon Progo dalam Penguatan Forum Pegiat Adiwiyata Indonesia DIY yang dilaksanakan di Ruang Rapat Handayani Sekeratriat Daerah Kabupaten Gunungkidul pada Rabu, 17 April 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan pengukuhan DPW HPAI Gunungkidul tersebut dihadiri oleh Asek II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gunungkidul, Ir. Edy Praptono, M.Si (mewakili Bupati),  DPP HPAI, Kepala DLHK DIY, Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul, Kepala Dinas Lingkungan Hidup se-DIY, dan para utusan DPW HPAI Kabupaten dan Kota se-DIY.

Dalam sambutannya, Edy Praptono menyampaikan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). “Gerakan ini tidak saja meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga sekolah/madrasah terhadap upaya pengelolaan lingkungan, namun juga berkontribusi terhadap peningkatan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah/madrasah,” terangnya.

Amir Ma’ruf, yang juga guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) MAN 2 Kulon Progo, mengungkapkan bahwa dirinya merasa bangga MAN 2 Kulon Progo telah berpredikat sebagai Sekolah/madrasah Adiwiyata Nasional, yang telah memberikan kontribusi berupa meminimalisasi timbunan sampah melalui pengelolaan sampah dengan metode reduce, reuse, dan recycle (3R), penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman, pembuatan biopori, dan sumur resapan serta konservasi energy dan air.

“Gerakan-gerakan seperti zero waste, zero paper saat pelaksanaan Asesment Madrasah, maupun Penilaian Sumatif Akhir Semeter (PSAS), penggunaan kembali sampah yang terintegrasi dengan materi hidup perkelanjutan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sangat mendukung kegiatan adwiyata,” terangnya.

Dalam rangkaian acara ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis SK Kepengurusan HPAI Masa Bakti 2024-2027 dan penyusunan program bersama Forum HPAI DIY tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup pada Satuan Pendidikan Formal (Giant)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Muslimah
Muslimah
1 bulan yang lalu

Selamat pak Amir luar biasa hidupkan Adiwiyata, hijaukan Mandaku !

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x