Minggu, 19 Mei 2024

Siswa Program Tataboga MAN 2 Kulon Progo Berperan Aktif dalam Mandaku Berbagi: Memasak dengan Cinta, Berbagi dengan Senyum

Kulon Progo, (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Suasana di Gedung Workshop Keterampilan Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo pada Jumat 5 April 2024 terasa begitu hidup dengan aktivitas yang berlangsung di dalamnya. Para siswa program keterampilan kelas X dan XI terlihat sibuk menyiapkan, memasak, dan mengemas paket hidangan buka puasa untuk acara Mandaku Berbagi yang rutin diselenggarakan setiap Jumat selama bulan Ramadhan. Mandaku Berbagi merupakan salah satu program kegiatan Pesantren Ramadan MAN 2 Kulon Progo tahun 1445 H.

Hartiningsih, M.Pd, selaku Kepala MAN 2 Kulon Progo, mengungkapkan dukungan penuh terhadap kegiatan para siswa program keterampilan tataboga ini. “Kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan dalam tataboga, tetapi juga untuk menumbuhkan jiwa berbagi, tolong-menolong, dan tanggung jawab kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Ketua Bengkel Program Keterampilan Tataboga, Eni Prasetyowati, S.Pd.T, para siswa harus memperhatikan aspek nilai gizi yang sesuai untuk orang yang sedang berpuasa, sekaligus nilai estetika dalam penyajian hidangan. “Mandaku Berbagi tidak hanya sekadar memasak dan mengemas, tetapi juga tentang memberikan yang terbaik untuk sesama,” ungkapnya.

Mandaku Berbagi, yang akan dilaksanakan pada Jumat terakhir bulan Ramadhan, berlangsung di Pesantren Arrojak di Kalibawang, sebuah wilayah di ujung paling utara Kabupaten Kulon Progo. Para siswa, seperti Syofiana Dewi Nuraini, Ariyanto, Putri Rahayu, dan Defni Erisa, menyampaikan kesenangan mereka dalam berpartisipasi langsung dalam kegiatan ini.

“Saya senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Saya dapat mengasah keterampilan bidang kuliner, rasa solidaritas, kerja kelompok dalam proses pengolahan makanan karena selalu dibimbing oleh bu guru, tetapi yang terpenting kegiatan ini adalah kegiatan amal keagamaan,” tutur Syofiana Dewi Nuraini.

Ariyanto juga merasa bahagia bisa terlibat langsung dalam membantu menyiapkan paket hidangan buka puasa untuk program Mandaku Berbagi. Sementara itu, Putri Rahayu menambahkan, “Kita dapat berbagi kebahagiaan melalui takjil yang dibagikan. Dari kegiatan ini saya juga banyak belajar tentang pentingnya bersyukur. Kegiatan ini seru banget, selain kita bisa masak bareng, kita ke pasar untuk berbelanja, hal yang sangat saya suka.”

Defni Erisa juga turut berbagi pengalaman, “Senang bisa ikut bantu-bantu bikin nasi box buat program Mandaku Berbagi, puasa-puasa masak banyak buat dibagi ke sekitar. Seru juga pak masak dari awal, mulai dari belanja ke pasar, beli bahan-bahan, masak banyak macam, sampai packing. Walaupun capek tapi liat orang yang dibagi nasi hasil masakan sendiri membuat hati ini senang, rasa capeknya hilang.”

Diharapkan, kegiatan Mandaku Berbagi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para peserta, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk berbagi dan peduli terhadap sesama, terutama di bulan suci Ramadhan ini. (Giant)

 

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah, cooking with love and love with cooking..๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Fathia
Fathia
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x