Minggu, 19 Mei 2024

Pesantren Ramadan MAN 2 Kulon Progo: Gelar Muqaddaman dan Pengajian Nuzulul Quran

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Pesantren Ramadan adalah muqaddaman dan pengajian Nuzulul Quran. Kegiatan muqadaman dan pengajian tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI, yang didampingi oleh para guru dan pegawai, dan berlangsung di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat, yang berlokasi di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates, pada hari Kamis, 4 April 2024.

Penceramah pengajian adalah KH. Muhammad Rifki Nur Abdillah, seorang penyuluh agama dari KUA Wates. Dalam ceramahnya, beliau menekankan pentingnya Pengajian Nuzulul Quran. Menurutnya, melalui pengajian ini, para siswa diingatkan akan pentingnya taqwa (kesalehan) dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pengajian Nuzulul Quran juga membantu dalam pembangunan karakter siswa. Mereka diajak untuk memahami nilai-nilai seperti kejujuran, kesabaran, keikhlasan, dan kepedulian yang terdapat dalam Alquran, amalan-amalan yang harus diperbanyak saat Ramadhan tiba, sehingga dapat membentuk kepribadian yang baik dan berkualitas.

Muhammad Rifki Nur Abdillah, yang pada masa mudanya adalah seorang qari’ atau pelantun ayat-ayat Alquran tingkat nasional, juga memperkenalkan dan mencoba beberapa irama seperti bayyati, shaba, nahawand, hijaz, dan rost.

Sebelumnya, Koordinator Kegiatan Keagamaan, Drs. H. Suyasman, MA, mewakili Kepala Madrasah menyampaikan bahwa Ramadan adalah bulan tarbiyah, atau bulan pendidikan. Pada bulan Ramadan, kaum muslimin dididik untuk meninggalkan hal-hal yang haram dilakukan. Melalui bulan tarbiyah, selayaknya kaum muslimin tidak melakukan hal-hal yang merugikan orang lain, seperti korupsi, dan perundungan.

Pengajian tersebut diawali dengan muqadaman, di mana siswa-siswi hafiz dan hafizah MAN 2 Kulon Progo yang memiliki banyak hafalan ayat-ayat Alquran diberi kesempatan untuk tampil menyampaikan hafalan mereka dan disimak oleh para peserta pengajian. (Giant)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah semoga puasa dan amal ibadah kita diterima Alloh SWT. Aamiin

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x