Jumat, 3 Mei 2024
Berita Terbaru

MAN 2 Kulon Progo Uji Coba Aplikasi JMD untuk Asesmen Madrasah Tahun Ajaran 2023/2024

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Menjelang pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) Tahun Ajaran 2023/2024, MAN 2 Kulon Progo menggelar uji coba Jogja Madrasah Digital (JMD), sebuah aplikasi pembelajaran yang menjadi andalan madrasah-madrasah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Uji coba ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII, dilaksanakan di Masjid Mahasinul Mutaaqien Kampus Unit 1 MAN 2 Kulon Progo di Jalan Khudori, Wonosidi Kidul, Wates pada Jumat, 8 Maret 2024.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan pembiasaan pagi berupa shalat dhuha berjamaah dan membaca nama-nama Allah atau asmaul husna. Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Kurnia Panca Dewi, M.Si memandu acara ini. Saat diwawancarai, ia menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi JMD merupakan langkah strategis yang diambil MAN 2 Kulon Progo dalam menghadapi AM.

“Kami menggunakan aplikasi JMD selama AM berlangsung, sebagaimana yang kami lakukan saat Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS). Uji coba ini untuk meyakinkan bahwa anak-anak sudah siap menggunakan aplikasi JMD. Juga untuk mengetahui kendala yang mungkin muncul, yang perlu diantisipasi oleh panitia,” ungkap Kurnia Panca Dewi.

Keputusan menggunakan aplikasi JMD dalam Asesmen Madrasah juga didasari oleh predikat MAN 2 Kulon Progo sebagai Madrasah Digital. Langkah ini juga sejalan dengan program Adiwiyata, di mana aplikasi JMD membantu dalam mengurangi penggunaan kertas atau bahkan menuju pada konsep tanpa menggunakan kertas (zero paper).

“MAN 2 Kulon Progo berupaya mengurangi dampak lingkungan dengan meminimalisasi penggunaan kertas. Ini merupakan langkah konkret dalam mendukung program Adiwiyata serta mengajak siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” tambahnya.

Dewi (panggilan akrab Kurnia Panca Dewi) juga menyampaikan sebagai rangkaian uji coba JMD ini, MAN 2 Kulon Progo juga menggelar try out dengan materi Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Diharapkan, dengan penerapan teknologi melalui aplikasi JMD, proses Asesmen Madrasah di MAN 2 Kulon Progo dapat berjalan efektif dan efisien, sambil tetap memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan. (Giant)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Giek
Giek
1 bulan yang lalu

bravo

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 bulan yang lalu

Sukses selalu dan teruslah berinovasi…👍👍👍

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x