Jumat, 3 Mei 2024
Berita Terbaru

Siswa MAN 2 Kulon Progo Belajar Nyablon di Omah Oblong

Sleman  (MAN 2 Kulon Progo – MANDAKU). “Wirausaha itu pekerjaan  yang sangat mulia karena berkaitan dengan banyak unsur positif yakni berdagang dan bersyariah.” Demikian sepenggal kalimat yang Surahman, Kepala HRD Omah Oblong Yogyakarta. Hal itu disampaikannya saat menyambut siswa kelas XI MAN 2 Kulon Progo yang belajar menyablon di perusahaan miliknya, Selasa (14/2/2023).  Dalam sambutannya Surahman juga memberikan penjelasan bagaimana perusahaan awal mula berdiri hingga menjadi besar sekarang, motivasi dalam mendirikan perusahaan hingga laporan produksi dan penjualan kaos di tujuh tahun terakhir.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan industri yang merupakan program tahunan madrasah. Omah Oblong merupakan pusat produksi oleh-oleh kaos khas Yogyakarta. Produksi kaos di tempat ini memperdayakan lulusan SMK setempat khususnya di sekitar DIY.

Usai acara penyambutan,  seluruh siswa berkesempatan menyablon kaos sendiri-sendiri. Kaos telah disiapkan oleh Omah Oblong sebagai souvenir. Terdapat 3 pegawai perusahaan tersebut, yang siap mendampingi seluruh siswa saat menyablon secara bergantian.  Sembari menunggu hasil sablon siswa kering, mereka diajak melihat langsung proses produksi kaos, dan hasilnya yang biasa dipasarkan sebagai oleh-oleh khas Jogjakarta. Seluruh siswa mengikuti kegiatan tersebut dengan sangat antusias. dan tentunya banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan dari kunjungan industri tersebut.

Tasya Dwi Haryati, siswa kelas XI MIPA 3 mengaku senang dengan seluruh rangkaian aktivitas di perusahaan tersebut. “Praktik menyablon di Omah Oblong itu sangat menyenangkan karena mendapatkan pengalaman yang belum pernah diperoleh. Tips menyablon yang saya dapat adalah harus teliti, dan benar-benar hati-hati, agar hasil sablon melekat secara penuh dan sempurna. Saya berharap,  besok bisa praktek sendiri di madrasah atau di rumah,”tutur Tasya. (rid/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x