Sabtu, 4 Mei 2024
Berita Terbaru

MAN 2 Kulon Progo Gelar Ekspo Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo-Mandaku). Dalam rangka membekali para peserta didik menjadi pelajar yang kreatif dan memiliki kecakapan (life skill), MAN 2 Kulon Progo menggelar Ekspo Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Rahmatan lil ‘Alamin, Rabu (14/12/2022). Ada tiga agenda besar dalam acara tersebut yakni P5 Expo Center,  Business Plan Presentation, Talk Show, dan Pelatihan Kewirausahaan. Acara terpusat di Kampus Utama MAN 2 Kulon Progo, tepatnya Lantai 3 Gedung Pusat Pembelajaran  Terpadu dan Halaman Upacara. Acara menghadirkan Analis SDM Aparatur Ahli Muda pada Seksi Guru Bidang Pendidikan Madrasah mewakili Kepala Kanwil Kemenag DIY, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo, Pengawas Madrasah, Ketua Komite MAN 2 Kulon Progo, dan beberapa alumni sebagai narasumber.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo, Muhamad Wahib Jamil, S,Ag, M.Pd., ketika memberikan sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta dan pengunjung ekspo bahwa siswa-siswi MAN 2 Kulon Progo sangat beruntung karena madrasah memberikan kesempatan, dukungan, dan memfasilitasi kegiatan entrepreneurship atau kewirausahaan untuk menyambut kehidupan yang akan dilalui setelah lulus dari MAN 2 Kulon Progo dan lulus kuliah nanti.

Secara terpisah, Hartiningsih, M.Pd, Kepala MAN 2 Kulon Progo, ketika ditanya tentang penyelenggaraan acara ini mengatakan, “Seperti yang disampaikan oleh Pak Wahid Jamil, ekspo P5 diselenggarakan dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada para peserta didik. Bertujuan untuk memberikan pembekalan kesiapan dan keterampilan hidup atau life skills guna menghadapi tantangan menghidupi diri dan keluarganya setelah lulus nanti. Madrasah berkewajiban memberikan bekal, kesempatan, dukungan dan memfasilitasi apa yang anak-anak perlukan. Seperti slogan resmi Mandaku (ssebutan kebanggaan untuk MAN 2 Kulon Progo) ‘Siap Kuliah, Siap Bekerja, dan Siap Berwirausaha.’

Menurut Ketua Panitia Ekspo, Sukir, S.Pd., M.Pd., M.Kim, ekspo ini diselenggarakan untuk untuk membekali para peserta didik menjadi pelajar yang kreatif dan memiliki kecakapan (life skill). Kegiatan sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang berguna bagi kehidupannya kelak dengan mendasarkan diri pada agama. Dalam hal ini pengertian berwirausaha dengan tidak berbuat curang atau merugikan pihak lain.

Menurutnya, khusus untuk Ekspo P5 ini ada tiga kegiatan utama. Pertama, yaitu memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempraktikkan kewirausahaan dalam bidang market items berupa barang dan jasa. Kedua, mempresentasikan kewirausahaan yang sudah dimiliki para siswa, atau kewirausahaan dari impian yang dicita-citakan. Ketiga, seminar tentang digital entrepreneurship yang menghadirkan para wirausahawan muda alumni MAN 2 Kulon Progo, yang telah berhasil mengembang usaha secara pesat.

Kegiatan Ekspo ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dengan didampingi oleh Penasehat Akademik kelas masing-masing. Adapun para siswa dan siswi kelas XI dan XII menjadi pengunjung stand, seminar, dan talk show. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Pak Gik
Pak Gik
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah.

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x