Senin, 29 April 2024

Career Day MAN 2 Kulon Progo Diikuti 23 Perguruan Tinggi

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Sebanyak 23 perguruan tinggi mengikuti acara Career Day yang diselenggarakan oleh MAN 2 Kulon Progo di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates, Rabu (14/12/2022). Berbeda dengan tahun sebelumnya yang pesertanya dibatasi hanya 11 perguruan tinggi karena harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat karena Covid-19. Acara dihadiri Edi Purwanto, S.Pd., M.Pd.Si., Analis SDM Aparatur Sipil Negara Ahli Muda pada Seksi Duru Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo, Pengawas Madrasah, dan Ketua Komite MAN 2 Kulon Progo.

Edi Purwanto dalam sambutannya saat membuka acara mengungkapan rasa bangga atas segala inovasi dalam proses pembelajaran dan pelayanan kepada peserta didik dan masyarakat, serta prestasi yang diraih oleh peserta didik, guru, dan madrasah. Ia mendukung penyelenggaraan acara Career Day yang bisa menghadirkan 23 perguruan tinggi ternama yang ada di DIY dan Purworejo Jawa Tengah. “Terima kasih dan selamat datang di salah satu madrasah kebanggaan DIY dan Kulon Progo. Saya yakin perguruan tinggi ini akan bangga bila bisa melanjutkan kesinambungan pendidikan siswa-siswa MAN 2 Kulon Progo setelah lulus kelak,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala MAN 2 Kulon Proho, Hartiningsih, M.Pd., saat memberikan sambutannya menyampaikan bahwa menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), tahun 2022 MAN 2 Kulon Progo berhasil masuk Top 1000 sekolah, tepatnya pada urutan 705. “Kami, para guru, para pegawai dan para siswa sedang berupaya untuk memperbaiki peringkat dengan memberikan pelayanan pendidikan dengan sebaik-baiknya. MAN 2 Kulon Progo juga meminta doa dan restu agar MAN 2 Kulon Progo semakin dicintai masyarakat luas,” ungkapnya.

Aning (nama akrabnya Hartiningsih) juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan Career Day tersebut diintegrasikan dengan Ekspo Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil  ‘Alamin dengan tema kewirausahaan; Presentasi dan Seminar Usaha Masa Depan, yang menampilkan para siswa yang sudah memiliki usaha, atau gambaran usaha yang akan digelutinya; Talk Show Digital Entrepreneurship dengan menghadirkan para alumni yang telah malang melintang berhasil di dunia usaha.

Menurut ketua panitia, Muhammad Nur Kholis, S.Ag., acara ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari rangkaian pemberian motivasi bagi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Setelahnya diselenggarakan acara Diskusi Smart Parenting dengan pemateri Erick Hsapdiutra, seorang dosen Universitas Amikom Yogyakarta pada Oktober lalu yang diikuti orang tua/wali peserta didik kelas XII.

Adapun nama-nama perguruan tinggi yang hadir adalah Akademi Keperawatan Yayasan Keperawatan Yogyakarta (Akper YKY), Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia (IBISA) Purworejo, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Karya Husada Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) AAN Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widya Wiwaha, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YKPN, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Surya Global, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Notokusumo, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta (STIKES YO), Sekolah Tinggi Parawisata Ambarukmo (STIPRAM), Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) AMPTA , Smart Fast Global Education Kulon Progo, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Aisyiah (UNISA) Yogyakarta, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Universitas AMIKOM, Universitas Jenderal Ahmad Yani, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI), dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

Anisa, seorang duta dari Universitas AMIKOM memberikan apresiasi kepada panitia Career Day. “Ini adalah ekspo yang paling rapi, paling kondusif dan paling nyaman di antara ekspo-ekspo yang saya ikuti. Panitia professional. Kami juga berterima kasih kepada adik-adik yang sangat antusias mengunjungi stand kami, semoga mereka bergabung dengan kami untuk menyongsong masa depan. Mandaku Siap, “ ia menirukan slogan MAN 2 Kulon Progo saat mengungkapkan kesannya kepada jurnalis Web Mandaku, Athiya Dyah Respati.

Sementara itu, Yessy, dari STIE Widya Wiwaha Yogyakarta menyampaikan bahwa tempat yang jauh terobati oleh animo para siswa yang mengunjungi standnya. “Partisipasi siswa mengunjungi stand kami sangat tinggi. Kami senang di sini. Tempatnya juga nyaman. Terima kasih kami ucapkan kepada MAN 2 Kulon Progo, tahun depan STIE Widya Wiwaha akan datang lagi,” ungkapnya kepada jurnalis WEB Mandaku, Reygina. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Pak Gik
Pak Gik
1 tahun yang lalu

Semoga MANDAKU semakin dekat dengan hati masyarakat

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x