Minggu, 29 Januari 2023

Peserta Didik MAN 2 Kulon Progo Belajar Cloud Computing Bersama Sagasitas Yogyakarta

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo-Mandaku). MAN 2 Kulon Progo menggandeng Sagasitas Yogyakarta dalam rangka meningkatkan kemampuan para peserta didik dalam pengolahan dan penyimpanan data, khususnya, data yang berhubungan dengan penelitian. Kegiatan dalam bentuk Workshop Penggunaan Cloud Computing di Gedung Keterampilan Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Senin (21/11/2022). Sagasitas mengirimkan 7 orang pendamping yang dipimpin oleh Zainal Abidin. Peserta workshop ini terdiri dari peserta didik kelas X yang mengikuti program keterampilan DKV dan TAV.

Sagasitas adalah sebuah komunitas, atau rumah, wadah bagi siswa dan orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan siswa utamanya pada bidang penelitian. Komunitas ini didirikan pada tahun 2005. Homebase Sagasitas adalah Jalan Cendana Nomor 9 Yogyakarta, Phone : (0274) 520440, Fax : (0274) 520440, Email : journal@sagasitas.org, Web : www.sagasitas.org.

Cloud computing secara sederhana merupakan pengiriman berbagai layanan komputasi, termasuk server, perangkat lunak, penyimpanan data, database, jaringan, serta analitik melalui internet (cloud). Cloud computing sudah banyak dipakai oleh berbagai perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan storage berkapasitas besar tanpa harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli hardware, software, maupun pemeliharaan sistem.

Wakil kepala bidang kesiswaan, Farida Rahmawati menerangkan bahwa penyelenggaraan workshop ini untuk menjawab persoalan penyimpanan data dan layanan komputasi yang sering dihadapi siswa. “Beberapa data, file sering hilang, tak dapat dilacak dalam penyimpanan di komputer atau laptop, dan ini sering menghambat aktivitas kita. Insya Allah dengan cloud computing ini, masalah-masalah yang muncul tak akan terulang lagi,” harapnya.

Farida mengucapkan terima kasih kepada pihak Sagasitas yang telah memberikan ilmu baru untuk anak didiknya. “Terima kasih Sagasitas, ilmu ini sangat bermanfaat bagi madrasah, terutama yang berhubungan dengan karya tulis peserta didik kami.”

Dalam acara workshop tersebut, Sagasitas juga memberikan seperangkat laptop untuk mendukung pelaksanaan penelitian dan pembuatan karya tulis para peserta didik. “Semoga seperangkat laptop ini bisa mendukung anak-anak melakukan penelitian dan membuat karya tulis ilmiah. Semoga bermanfaat,” kata Zainal Abidin, pimpinan pendamping workshop dari Sagasitas. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Esti+Winarni
Esti+Winarni
2 bulan yang lalu

Alhamdulillah dapat ilmu gengetahuan dan pengalaman baru.Semakin keren siswa MANDAKU.

Aning
Aning
2 bulan yang lalu

Ujudkan transformasi digital melalui penguatan program Clouding di MANDAKU 👍👍👍✨️✨️✨️

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x