Minggu, 29 Januari 2023

Kepala MAN 2 Kulon Progo Bekali Siswa Selenggarakan  EkspoProjek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 2022

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulom Progo-Mandaku). Memberikan pelayanan prima agar para siswa mempunyai dan bisa mengembangkan jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship. Inilah tujuan bakal diselenggarakannya Ekspo Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 2022 di MAN 2 Kulon Progo.  Bertempat di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Unit 2,  seluruh siswa kelas X diberi pembekalan terkait hal tersebut, Senin (21/11/2022). Sebagai narasumber adalah kepala madrasah Hartiningsih, M.Pd., Sukir, S.Pd. Kim., dan Siti Muslimah, M.Pd. dan didampingi para wali kelas dan guru pengampu projek.

Saat memberikan pembekalan, Hartiningsih menyatakan bahwa MAN 2 Kulon Progo selalu berusaha unuk memberikan pelayanan prima kepada para peserta didik. “Madrasah memberikan bekal ilmu tidak hanya bagi peseta didik yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, tapi juga kepada para peserta didik yang ingin bekerja, atau pun yang akan berwirausaha mengembangkan jiwa entrepreneurship. Itulah mengapa MAN 2 Kulon Progo memiliki slogan Siap Kuliah, Siap Bekerja, dan Siap Berwirausaha,”tegas Aning (panggilan akrab Hartiningsih).

Selanjutnya Aning menyatakan bahwa Ekspo Projek yang akan dilaksanakan nanti merupakan pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari para peserta didik. Ia berharap kegiatan ini menjadi salah satu pengalaman nyata yang membekas sebagai landasan untuk berwirausaha. Ia juga mengajak para siswa untuk mengeksplorasi kemampuannya sendiri dan tidak mendasarkan kepada kebiasaan yang sudah ada.

“Ekspo nanti tidak hanya ‘market day’, mengolah masakan lalu dijual, dan dihitung laba atau rugi berapa, tetapi tunjukkan kemampuan kalian untuk membuat inovasi-inovasi baru yang bisa meningkatkan nilai jual dan brand yang dikenal bahwa itu hasil eksplorasi kalian. Ketela pohon tidak hanya direbus atau digoreng, tidak hanya dijadikan gethuk, tetapi jadikan ia panganan bernilai jual tinggi,” ia meminta dan memberikan contoh.

Siti Muslimah, salah satu guru Alquran Hadist menyampaikan Projek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin. Menurutnya, projek ini lebih difokuskan pada penanaman moderasi beragama yang diterapkan melalui kegiatan terprogram menjadi satu rangkaian dengan Projek Profil Pelajar Pancasila sehingga dapat menciptakan siswa yang mendukung sifat moderat.

“Pembiasaan dibentuk dengan pengondisian suasana belajar yang mengutamakan proses pensucian jiwa, memerangi hawa nafsu, dan melatih menghindari kecenderungan buruk. Ia mengajak para peserta didik untuk berwirausaha dengan mengedapankan keimanan dan ketakwaan, serta berperilaku dengan budi pekerti mulia atau akhlakul karimah. Ia mencontohkan berwirausaha dengan jujur, tidak curang dalam menimbang, dan tidak mencampur dengan barang-barang haram,” terangnya.

Sementara itu, Sukir, Koordinator Projek Penguatan Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin menyampaikan bahwa madrasah mempunyai peran strategis untk membekali para peserta didiknya menjadi pelajar yang kreatif dan memiliki kecakapan (life skill). Kegiatan ini sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang berguna bagi kehidupannya kelak, Ia menyampaikan bahwa Ekspo Projek Penguatan Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin akan diselenggarakan pada Selasa, (13/12/2022) mendatang. Ia juga minta doa restu kepada semua pihak agar pelaksanaan ekspo berjalan dengan baik dan lancar. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Esti+Winarni
Esti+Winarni
2 bulan yang lalu

Siswa berbekal kreatif, inovatif dan cakap dapat mengembangkan potensi jiwa wirausaha yang tangguh untuk bekal dirinya menggapai masa depan.

Aning
Aning
2 bulan yang lalu

P5 Rahmatan Lil Alamin menjadi karakter unggul di MANDAKU 👍👍✨️✨️

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x