Kamis, 8 Desember 2022

Kepada Ortu Kelas XII, MAN 2 Kulon Progo Sosialisasikan Program Studi Lanjut

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Guna mendukung sukses studi lanjut , usai Motivasi Smart Parenting dari Erik Hadi Saputra,S.Kom., M.Eng., orang tua wali siswa kelas XII mendapat sosialisasi Program Studi Lanjut. Sosialisasi berlangsung di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Senin (3/10/2022). Acara dihadiri seluruh orang tua atau wali peserta didik kelas XII. Materi disampaikan oleh Giarto, S.Si., M.Pd. didampingi oleh Listia Palupi Wisnu Aji, S.Pd., salah satu staf Wakil Kepala Bidang Kurikulum.

Dalam kesemputan tersebut juga disampaikan program-program yang telah, sedang, dan akan dilakukan guna menyukseskan program studi lanjut. Seperti yang dipaparkan Hartiningsih, M.Pd., kepala MAN 2 Kulon Progo bahwa program studi lanjut akan berjalan dengan baik bila ada kolaborasi dari tiga pihak yaitu madrasah, peserta didik, dan orang tua wali.

“Madrasah memberikan pelayanan kepada para peserta didik agar bersungguh-sungguh menggapai cita-cita, dengan selalu didukung orang tua/walinya. Tinggal beberapa langkah lagi, para peserta didik akan meninggalkan madrasah, lalu peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diinginkannya, atau memulai usaha atau bekerja. Itu semua sudah dipersiapkan oleh madrasah, tinggal menunggu semangat para peserta didik dan tentu saja dukungan orang tua,” ungkap Aning mengingatkan (sebutan akrab Hartiningsih).

Aning juga melaporkan progres yang telah dicapai MAN 2 Kulon Progo. Sebelum tahun 2022, peringkat akademis MAN 2 Kulon Progo tidak diketahui berada di peringkat berapa karena tidak termasuk dalam Top 1000 sekolah/madrasah terbaik nasional tahun 2021, menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Survei ini berdasarkan pada nilai UTBK, tetapi pada tahun 2022 ini MAN 2 Kulon Progo sudah memasuki peringkat 706 Sekolah/Madrasah terbaik secara nasional. Menurutnya, tahun yang akan datang harus bisa meningkatkan peringkat dengan cara memperbanyak siswa kelas XII melanjutkan pendidikan di PTN.

 

Sementara itu, Giarto menyampaikan rencana aksi yang sudah dan akan dilakukan untuk mencapai program studi lanjut. “Madrasah sudah melakukan tes psikologi untuk menelusuri minat dan bakat para peserta didik. Selanjutnya mereka mestinya bisa dengan bijak dan tepat memilih jurusan sesuai dengan bakat dan kemampuan serta tidak mengikuti arus yang sedang trend atau sekadar ikut-ikutan teman. Ini perlu kita tekankan agar mereka bisa lolos masuk PTN sesuai passionnya,” tegas Giarto.

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) Internal juga dilakukan untuk membantu siswa memberikan parameter kepada peserta didik, jurusan apa yang tepat berdasarkan nilai raport semester 1 sampai 5. Madrasah juga menyelenggarakan konsultasi dan pendampingan pemilihan jurusan. Pendalaman materi untuk bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Matematika logika disiapkan dengan pemateri atau pengajar dari lembaga bimbingan belajar, dan try out secara berkala juga disiapkan oleh madrasah dengan sebaik-baiknya.

Di akhir pertemuan, dibagikan hasil tes psikologi, hasil try out bahasa Inggris, dan nilai selama triwulan belajar di kelas XII.  (giant/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aning
Aning
2 bulan yang lalu

Program sukses study lanjut mempersiapkan sejak dini siap kuliah. MANDAKU SIAP👍👍✨️✨️❤️❤️

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
2 bulan yang lalu

Mudah mudahan yang lolos PTN Semakin banyak.Aamiin

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x