Selasa, 30 April 2024

PBI FBS UNY Ajak MAN 2 Kulon Progo Inisiasi Kerjasama PPM Dosen PBI

Kulon Progo (MAN 2 KP – MANDAKU) . Program Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengajak empat lembaga/institusi di Kulon Progo untuk inisiasi kerjasama program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Dosen PBI. Empat lembaga tersebut adalah MAN 2 Kulon Progo, BAPPEDA, SMKN 1 Panjatan, dan Dinas Pariwisata. Inisiasi diselenggarakan melalui zoom, pada link https://bit.ly/3c9wHde , pada Kamis (14/7/2022).

Menurut Nila Kurnia Sari, S.Pd., M.Pd., yang pada acara tersebut bertindak menjadi pemimpin diskusi, menyatakan bahwa inisiasi kerjasama PPM ini dilatarbelakangi karena PBI UNY mendapatkan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) pada tahun 2021-2022. Adapun tujuan program PKKM adalah meningkatkan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Penilitian dan Pengembangan kepada Masyarakat yang salah satu aktifitasnya adalah meningkatkan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Indistri (DUDI). “Kegiatan ini bersifat sebagai PPM untuk dosen dan mahasiswa. Kegiatan didanai oleh dana PKKM untuk 2 kali pertemuan dan ditangani oleh para dosen,” terangnya.

Dalam inisiasi kerjasama ini, pihak PBI dan MAN 2 Kulon Progo melakukan analisis kebutuhan pelatihan, sasaran program yang  ditujukan bagi guru atau siswa, dan dilanjutkan penyusunan program oleh para tim dosen. Selanjutnya diadakan penandatangan kontrak yang dilakukan secara tatap muka, pelaksanaan kegiatan, monitoring, dan evalusi.

Adapun jenis kegiatan PPM dosen PBI meliputi pelatihan TOEFL, pelatihan Business English, penerjemahan tertulis dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya. Kemudian pelatihan pengembangan pembelajaran yang didalamnya mencakup pengembangan materi, model pengajaran, penggunaan teknologi, pelatihan public speaking, Pelatihan English for Specific Purposes (ESP), atau kegiatan terkait bahasa Inggris lain sesuai dengan kesepakatan tim dosen dan mitra.

Melalui musyawarah tim khusus, yang terdiri dari guru-guru bahasa Inggris MAN 2 Kulon Progo dan empat dosen PBI, MAN 2 Kulon Progo memutuskan memilih pelatihan public speaking yang ditujukan kepada para peserta didik. Pelatihan ini bersifat terbatas, dengan peserta 60 peserta didik yang dipilh dengan kriteria tertentu. Kegiatan sedianya akan dilaksanakan sekitar akhir Juli atau awal Agustus 2022 dengan pertimbangan bahwa MAN 2 Kulon Progo adalah Madrasah Plus Keterampilan yang terletak di dekat bandara Yogyakarta International Airport.

Melalui program ini diharapkan siswa mempu memiliki jiwa kewirasahaan (entrepreneur) yang mampu dan menguasai public speaking untuk menunjang bidang keahliannya. Waktu akhir Juli atau awal Agustus dipilih karena setelah bulan Agustus, para peserta didik disibukkan dengan berbagai kompetisi dan kegiatan-kegiatan. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Sugiyanta
Sugiyanta
1 tahun yang lalu

Segera ditindaklanjuti

Esti Winarni
Esti Winarni
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah.👍👍👍

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah…👍👍👍

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x