Jumat, 19 April 2024
Berita Terbaru

Lomba Masak Daging Warnai Idul Adha MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). ‘Dengan Kurban kita Wujudkan Keikhlasan, Ketaatan, dan Pengorbanan yang Sempurna sebagai Bukti Cinta pada Sesama’, itulah tema yang diusung MAN 2 Kulon Progo dalam memperingati Idul Adha 1443 H, pada Selasa (12/7/2022).  Dalam penyelenggaraan  kegiatan Idul Adha kali ini, MAN 2 Kulon Progo berkurban 1 ekor sapi yang disembelih di madrasah dan 2 ekor kambing yang disembelih pada kegiatan syiar bakti MANDAKU yang dilaksanakan di daerah Teganing Kokap Kulon Progo.

“Jika selama masa pandemi, daging hewan kurban hanya didistribusikan pada masyarakat, kini selain didistribusikan juga diwarnai lomba masak daging antarkelas. Semoga dengan kegiatan ini bisa membawa berkah dan manfaat untuk semua. Anak-anak juga berlatih berkurban, belajar sekaligus mengimplementasikan esensi berkurban dan juga keterampilan yang lain seperti memasak dan kreativitas  penyajian serta membangun kerja sama dalam tim,”papar Muh Nur Kholis,S.Ag., selaku ketua penyelenggara kegiatan.

Keseruan dalam pelaksanaan lomba masak antarkelas yang diikuti kelas XI dan XII pun sangat terasa apalagi setelah hampir tiga tahun vakum karena pandemi Covid-19. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti lomba memasak, terlihat dari semangat mereka dalam menyiapkan bumbu, melakukan proses memasak hingga menyajikan hasil masakan untuk dewan juri, dimana selama proses itu mereka semua bekerja sama dari awal persiapan hingga pelaksanaan.

Yanti, salah satu peserta lomba masak dari kelas XII IPS1 mengaku senang tahun ini  berkesempatan bisa berkegiatan bersama di madrasah. “Meski kami harus tetap prokes, tetapi kami merasa senang bisa bersama dengan teman-teman. Bekerja sama tanpa perselisihan, kompak dan saling menolong,”ungkapnya berseri.

Lain halnya dengan siswa kelas X yang pada kesempatan ini masih mengikuti pra-Matsama (Masa Taaruf Siswa Madrasah). Mereka juga menikmati daging kurban berupa tongseng yang dikemas dalam kotak kemasan, hasil masakan para guru untuk sajian makan siang. Usai salat Zuhur berjamaah mereka antre menuju ruang workshop APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) dengan membawa bekal nasi untuk kemudian dilengkapi dengan menu olahan daging dan minum.

Selain lomba memasak, pentasarufan (penyerahan) daging kurban juga diberikan kepada warga sekitar kampus 1 dan 2 yang berjumlah 62 orang. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dengan tujuan mengungkapkan rasa syukur atas limpahan nikmat dan keberkahan dari Allah SWT. (rins/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Esti Winarni
Esti Winarni
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah, semua warga MANDAKU sibuk sesuai porsinya masing-masing. 👍👍👍👍

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah…👍👍👍

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x