Minggu , 26 Juni 2022

MAN 2 Kulon Progo Jalin MoU dengan Empat Mitra Baru

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). Salah satu agenda dalam resepsi perayaan Harlah MAN 2 Kulon Progo, yang diselenggarakan pada Kamis, (19/5/2022) adalah penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara MAN 2 Kulon Progo dengan beberapa mitra dunia usaha dan perguruan tinggi. Ada empat mitra yang pada kesempatan ini digandeng. Mereka adalah Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) Yogyakarta, Balai Latihan Kerja (BLK), Batik Sembung, dan Enaz Cookies. Bertempat di Aula Kampus 2 Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, acara berlangsung lancar usai launching buku solo dan majalah MANDAKU karya siswa.

Menurut Hartiningsih, M.Pd, Kepala MAN 2 Kulon Progo, latar belakang kerja sama dengan UTDI adalah berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi digital, dan dunia usaha secara pesat. Dalam pembelajaran, guru harus meningkatkan penguasaan teknologi digital sebagai media dan pengelolaan pembelajaran. Guru harus dapat menggunakan media pembelajaran yang sudah ada atau bahkan menciptakan media pembelajaran sendiri. Demikian juga di bidang tata usaha, pegawai juga harus menguasai digitalisasi administrasi.

MAN 2 Kulon Progo sebagai madrasah aliyah berbasis keterampilan, memiliki lima program keterampilan yang harus terus menerus dikembangkan kualitasnya. Kelima program keterampilan tersebut adalah Teknik Audio Video (TAV), Desain Komunikasi Visual (DKV), Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Tata Boga, dan Tata Busana. Melalui kerja sama dengan lingkup-lingkup tertentu yang terjalin antara MAN 2 Kulon Progo dengan beberapa pihak tersebut, diharapkan untuk dapat saling bersinergi dalam meningkatkan kemampuan guru dan pegawai dalam penguasaan teknologi digital. Madrasah juga memerlukan tempat belajar, praktik, di dunia usaha dan wirausaha untuk meningkatkan kompetensi keterampilan para siswa. β€œInsyaallah dengan MoU ini, kami mendapatkan pencerahan perkembangan iptek dan industri. Ini penting untuk semua program keterampilan yang ada di MANDAKU,” Hartiningsih menyampaikan keyakinannya.

Disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, penandatangan nota kesepahaman (MoU) dilakukan oleh Hartiningsih, M.Pd selaku Kepala MAN 2 Kulon Progo dengan empat pihak mitra. Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) Yogyakarta diwakili oleh Totok Suprawoto, M.M, M.T., (Rektor UTDI) didampingi oleh Ariesta Damayanti, S.Kom, M.Cs, Kabag Humas, Admisi, Pemasaran dan Kerjasama. Balai Latihan Kerja (BLK) diwakili Kepala UPT yakni Suradiman, S.IP., M.M., Batik Sembung yang rumah usahanya berada di Gulurejo Lendah Kulon Progo, diwakili Bayu Permadi, dan Enaz Cookies diwakili Rr. Eny Kurniawati, S.M., yang beralamat di Pedukuhan 8 Pleret Panjatan Kulon Progo. Dalam kesempatan inipun diperagakan busana Batik Sembung oleh siswa Tata Busana yang dalam rangkaian sajian tari Wonderland. (giant/ast)

Hits: 44

Bagikan pada...

Lihat juga

MAN 2 Kulon Progo Selenggarakan Workshop Madrasah Digital

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). Dalam upaya mencapai kemandirian menuju madrasah digital dalam rangka menhadapi …

Satu Komentar

  1. Wah.., Ni madrasah mantab bikin mou mounnya.., tambah lagi..πŸ‘

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.