Sabtu, 20 April 2024

MAN 2 Kulon Progo Juara 1 Lomba Ecodiction INDEX 2020

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo) – Bias Kipas’ MAN 2 Kulon Progo akhirnya meraih juara 1 dalam Lomba Ecodiction INDEX (Indonesian Ecology Expo) 2020 yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Departemen Lingkungan Hidup, Minggu (13/9/2020). “Dalam semua bidang, MAN 2 Kulon Progo memang unggul pada poinnya. Selain itu edit videonya sangat dipaparkan secara jelas.” Demikian disampaikan salah satu panitia lomba, Novia Alfaini.

Pada rekapitulasi nilai yang dikirimkan panitia pun, dari dua juri yang menilai, MAN 2 Kulon Progo unggul tiga dari empat bidang yang dinilai. Keunggulan itu pertama dari bidang inovasi, kreativitas, dan nilai guna. Kedua, kesesuaian tema dan ketiga kesesuaian bahan baku. Bidang presentasi hanya kalah tipis dengan MAN 1 Bogor. “Sangat bersyukur. Meskipun dalam kondisi pandemi dan anak-anak PJJ, mereka bisa menyumbangkan prestasi tingkat nasional. Siswa Keterampilan Tata Busana kembali membuktikan eksistensi dan kompetensinya untuk terus berkompetisi dan berinovasi. ‘Bias Kipas’ yang diilhami dari kondisi saat ini dan predikat MAN 2 Kulon Progo yang merupakan sekolah Adiwiyata Nasional menuju Adiwiyata Mandiri menjadi motivasi tersendiri. Ditambah, salah satu programnya yakni mengolah daur ulang sampah menjadi busana karnaval dan beberapa kali telah menorehkan prestasinya. Semoga bisa menginspirasi yang lain,” papar Khoiriyatun, S.Pd., M.Sc., kepala MAN 2 Kulon Progo.

Kebahagiaan juga terpancar dari renyahnya kata-kata yang disampaikan Muna Faramita Ariqoh melalui pesan whatsappnya. “Perasaan kami senang sekali meski harus mengorbankan waktu belajar online dan bersungguh-sungguh mempersiapkan presentasi final. Bangga bisa mengikuti lomba ini apalagi tingkat nasional dan meraih juara 1. Bisa mendapatkan pengalaman dan juga membuat orang tua, Bapak Ibu guru, dan guru pembimbing bahagia. Harapan kami, semoga semakin banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan dan semakin maju, sukses ke depannya,” ungkap Muna mewakili dua temannya, Amalia Eacy Wulandari dan Intan Widiyawati.

“Lebih membanggakan lagi, dari lima tim yang masuk finalis, keempatnya dari madrasah yakni MAN 2 Kulon Progo Juara 1, MAN 1 Bogor Juara 2, MAN 1 Madiun mengirimkan dua tim dan berpredikat Juara 3 dan 4, dan  satu lagi dari Universitas Negeri Jakarta Juara 5. Saya makin bangga menjadi siswa madrasah, apalagi sekolah di MAN 2 Kulon Progo,” tambahnya. (ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien
Imam Muttaqien
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah. Luarbiasa bisa menang melawan SMK adalah sebuah prestasi yg sangat membanggakan…👍👍👍