Sabtu, 4 Mei 2024
Berita Terbaru

MAN 2 Kulon Progo Terapkan Zero Waste dalam Pendistribusian Daging Kurban

Kulon Progo (MAN 2) –  Hari Raya Idul Adha merupakan momen penting bagi kaum muslim di seluruh dunia. Sebagai bentuk ketakwaan manusia kepada sang pencipta,  kaum muslimin bersemangat memotong hewan kurban. MAN 2 Kulon Progo mengadakan penyembelihan hewan kurban seekor sapi dan tiga kambing. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dikampus satu dan dua,  Ahad dan Senin (11-12/8).

Acara penyembelihan hewan kurban  diawali dengan sambutan Kepala MAN 2 Kulon Progo Anita Isdarmini, S.Pd.M.Hum  di tengah riuh siswa, guru dan pegawai. “ Kegiatan ini sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT dan sebagai bentuk pembelajaran nyata kepada siswa bagaimana cara memotong hewan kurban yang benar dan cara pengolahan yang hiegenis,” jelasnya.

MAN 2 Kulon Progo selain berhasil memupuk sikap rela berkorban demi sesama juga telah berhasil membiasakan budaya adiwiyata. Terbukti tempat daging untuk pendistribusian daging kurban telah menggunakan anyaman daun kelapa muda (blarak). Anyaman tersebut merupakan hasil karya siswa guru dan pegawai.

Menurut ketua pelaksana Muh. Nur Kholis, S.Ag. bahwa pendestribusian daging kurban tidak  menggunakan kantong plastik sebagai bentuk cinta terhadap lingkungan. “Hal ini bertujuan agar lingkungan  sekitar madrasah maupun lingkungan yang lebih luas, tidak tercemari oleh sampah plastik yang terbukti sulit terurai oleh alam,”tuturnya.

“Selain itu, tujuan penggunaan anyaman daun kelapa ini adalah agar siswa-siswi MAN 2 Kulon Progo terbiasa dalam kehidupan sehari-harinya untuk menggunakan tempat penyimpanan, baik untuk barang maupun untuk makanan yang ramah lingkungan, bukan lagi plastik sekali pakai,” tegasnya. (pan/est)

Bagikan pada...