Selasa, 30 April 2024

Pesantren Ramadan MAN 2 Kulon Progo Gandeng Puskesmas Panjatan: Sosialisasikan Hidup Sehat dan Pencegahan DBD

Kulon Progo, (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Bertempat di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo yang terletak di Jalan Pahlawan Panjatan, kegiatan Pesantren Ramadan kelas XI hari ke-2, Selasa 26 Maret 2024, diisi dengan pemaparan materi hidup sehat oleh tim Penyuluh Kesehatan dari Puskesmas Panjatan 1.

Para peserta diajak untuk memahami pentingnya pola makan seimbang selama bulan suci Ramadhan guna menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa. “Selama Ramadhan, makan sahur dengan makanan yang sehat dan seimbang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa,” tutur Lufita Rochim S.

Vita (panggilan akrabnya) juga menekankan konsep “isi piringku” yang mencakup beragam nutrisi penting yang harus dipenuhi saat makan hidangan sahur maupun buka puasa. Ia pun menyoroti pentingnya pencegahan anemia, terutama pada anak perempuan, dengan mengonsumsi makanan sehat sesuai dengan prinsip isi piringku, didukung dengan konsumsi pil tambah darah secara teratur.

Pada sesi kedua, materi difokuskan pada pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD). Ia menekankan pentingnya hidup sehat dan menjaga kebersihan sebagai kunci utama dalam mencegah penyakit tersebut. Ia juga membagikan tips praktis menggunakan metode 3M, yaitu menguras, menutup, dan mendaur ulang, untuk mengurangi risiko penularan DBD. “DBD daat dicegah melalui hidup sehat dan jaga kebersihan, tips yang dapat digunakan ialah dengan metode 3M yaitu menguras, menutup, dan mendaur ulang,” paparnya.

Dari kegiatan pesantren Ramadan kali ini, diharapkan peserta pesantren dapat lebih memahami pentingnya pola makan sehat selama Ramadhan dan upaya pencegahan penyakit seperti DBD. Kegiatan ini merupakan upaya bersama antara Puskesmas Panjatan 1 dan MAN 2 Kulon Progo dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan, terutama di bulan suci Ramadhan ini. (Fahria&Fathia)

Bagikan pada...
4.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
27 hari yang lalu

Alhamdulillah, puasanya penuh rahmat barokah, maghfirah, terbebas dari api neraka dan tubuh semakin sehat. Aamiin

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
27 hari yang lalu

Sangat manfaat 👍

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x