Jumat, 3 Mei 2024
Berita Terbaru

Kepala Kankemenag Wahib Jamil Buka LDK MAN 2 Kulon Progo 2024

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo). MAN 2 Kulon Progo sudah memberikan kontribusi nyata kepada dunia pendidikan, khususnya di dalam lingkungan Kementerian Agama Kulon Progo dan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kulon Progo, H. Muhammad Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd., saat membuka Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) MAN 2 Kulon Progo 2024, yang diselenggarakan di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat, Jumat (1/2/2024). Selain membuka kegiatan LDK, Wahib Jamil juga menjadi salah satu narasumber dengan materi Aku Bangga menjadi Siswa Madrasah dan Moderasi Beragama.

Wahib Jamil saat memberikan sambutan menyampaikan selamat kepada para peserta terpilih karena tidak semua siswa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti LDK. Ia meminta peserta untuk mengikuti dengan serius dan fokus pada semua agenda dan proses LDK dengan sebaik-baiknya. Ia juga menyampaikan bahwa LDK ini sebagai bentuk pemberian bekal kepada para siswa dengan ketrampilan, pengetahuan, dan sikap kepemimpinan yang efektif.

“Latihan Dasar Kepemimpinan sebagai upaya MAN 2 Kulon Progo memberikan bekal kepada semua peserta untuk menjadi pemimpin-pemimpin yang memiliki integritas, tanggung jawab, kejujuran, dan rasa empati terhadap orang lain. Saya meyakini dengan LDK ini, para guru, pegawai, dan seluruh siswa semakin menambah kontribusi nyata kepada dunia pendidikan. Pengelolaan dan pengembangan pendidikan, kegiatan, dan prestasi guru, pegawai, dan seluruh siswa MAN 2 Kulon Progo adalah kontribusi bentuk-bentuk kontribusi nyata tersebut,” terangnya.

Wahib Jamil membuka Latihan Dasar Kepemimpinan MAN 2 Kulon Progo, dengan mengajak para peserta membaca surah Al Fatihah dengan iringan harapan kegiatan tersebut diridai Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bermanfaat bagi semua peserta serta MAN 2 Kulon Progo. Selanjutnya ia menyematkan tanda peserta secara simbolik kepada dua orang wakil siswa, Shilham Taqiyyudin Yahya (Ketua OSIS periode 2023-2024) dan Atin Yulita Azzahra (Ketua Majelis Perwakilan Kelas).

Sebelumnya Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Farida Rahmawati, M.Pd., menyampaikan bahwa LDK MAN 2 Kulon Progo 2024 memiliki beberapa tujuan yang terkait dengan kemampuan keterampilan kepemimpinan, yaitu kemampuan berkomunikasi, memimpin tim, mengambil keputusan, dan memecahkan masalah. LDK juga memberikan pengetahuan untuk mengorganisasi dan mengelola kegiatan-kegiatan di madrasah, seperti acara-acara sosial, kegiatan ekstrakurikuler, atau projek-projek pengabdian masyarakat.

Latihan Dasar Kepemimpinan 2024 diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada Kamis – Jumat (1-2/2/2024) dan Rabu (7/2/2024). Kegiatan tersebut diikuti oleh 88 siswa yang terdiri dari unsur pengurus OSIS, pengurus organisasi-oragnisasi kesiswaan di bawah OSIS, serta perwakilan dari pengurus kegiatan ekstrakurikuler.

Ketua panitia LDK, Sutanti Riniastuti, S.Pd., mengungkapkan bahwa LDK diisi dengan kegiatan indoor dan outdoor. Seluruh kegiatan indoor dilaksanakan di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, sedangkan kegiatan outdoor, berupa kunjungan persahabatan di MAN 1 Yogyakarta.

Narasumber LDK, selain Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, juga beberapa narasumber lain, seperti motivator nasional dari Penerbit Erlangga, Drs. Suratno, M.M., dan narasumber dari MAN 2 Kulon Progo sendiri. Beberapa materi yang disajikan meliputi leadership atau kepemimpinan, moderasi beragama, motivasi, teknik penulisan karya tulis, proposal dan laporan, serta publikasi. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x