Kamis, 2 Mei 2024
Berita Terbaru

Kepala MAN 2 Kulon Progo Presentasikan Best Practise Program SKS di Hadapan Pimpinan MA Muallimat & Muallimin Yogyakarta

Yogyakarta (Humas MAN 2 Kulon Progo). Kompeten siswa dalam penguasaan materi pembelajaran berbeda antar satu siswa sengan siswa yang lain. Perbedaan kemampuam ini perlu dilayani dengan baik, sehingga kompetensi para siswa bisa berkembang maksimal. Hal ini disampaikan oleh Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo saat mempresentasikan Best Practise Program SKS di hadapan pimpinan dan tim kurikulum MA Muallimat serta MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

yang bertempat di Dโ€™Senopati Hotel Yogyakarta, (20/12/2023).

Pengalaman MAN 2 Kulon Progo dalam menerapkan program SKS, menjadi perhatian dari pihak MA Muallimat dan MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, dan minta kepada MAN 2 Kulon Progo untuk berbagi best practise implementasi program SKS.ย  Selain Hartiningsih, Koordinator implementasi program SKS, Sukir, M.Pd. Kim., M.Sc. juga menjadi narasumber.

MA Muallimat akan segera menerapkan program Sistem Kredit Semester dalam rangka mewujudkan visi madrasah yaitu MA Muallimat dan MA Muallimin Yogyakarta sebagai institusi pendidikan Muhammadiyah tingkat menengah yang unggul dan mampu menghasilkan kader ulama, pemimpin, dan pendidik sebagai pembawa misi Gerakan Muhammadiyah. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur MA Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta, Unik Roshidah, M.Pd..

Hartiningsih mengungkapkan bahwa sejak 2020, MAN 2 Kulon Progo mulai merancang program SKS. Program ini untuk melayani siswa-siswi yang mempunyai kemampuan belajar lebih cepat dibanding siswa yang lain, dengan program 2 tahun serta proses seleksi yang matang yang melibatkan tes psikologi dari lembaga yang kompeten.

โ€œImplementasi pogram SKS di MAN 2 Kulon Progo sudah dilaksanakan sejak tahun 2022. Jumlah siswa percepatan SKS 2 tahun ada 22 siswa. Tahapan-tahapan yang dilalui adalah pertama, sosialisasi kepada para guru, pegawai, siswa dan juga orang tua/wali siswa. Kedua, pemetaan terhadap siswa yang memiliki kemampuan akademis lebih dibandingkan dengan siswa yang lain. Penerapan progran SKS dilakukan dengan sistem homogen, para siswa program SKS 2 tahun dikelompokkan ke dalam kelas tersendiri,โ€ papar Hartiningsih.

Lebih lanjut Hartiningsih, yang mempunyai nama akrab Aning, menyampaikan bahwa sistem SKS ini mempermudah para guru dalam melakukan pelayanan pembelajaran. โ€œDalam layanan pembelajaran, apalagi dengan sistem kurikulum Merdeka, menjadikan siswa lebih cepat dan mudah menguasai mata pelajaran yang diajarkan,โ€ tambahnya.

Nara sumber kedua, Sukir, menyampaikan bahwa dengan program SKS ini ternyata MAN 2 Kulon Progo lebih diminati siswa lulusan SMP dan MTs sebagai tempat untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Sukir lebih banyak menyampaikan proses penyeleksian para siswa yang berminat mengikuti program SKS 2 tahun.

Unik Rasyidah, Direktur MA Muallimat menyampaikan terima kasih atas pemaparan best practise tersebut. “Alhamdulilalh, dengan pemaparan best practise implementasi SKS di MAN 2 Kulon Progo membuat kami semua dapat memahami dengan utuh proses awal hingga pengelolaan pengimplementasian program SKS,โ€ terang Unik Rashidah. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x