Jumat, 17 Mei 2024

Kepala dan Kasubag TU Kemenag Kulon Progo Monitoring U-Kom Pejabat Struktural di MAN 2 Kulon Progo

Humas (MAN 2 Kulon Progo). MAN 2 Kulon Progo menjadi tempat pelaksanaan Uji Kompetisi (UKom) bagi Pejabat Pelaksana di Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Rabu (20/12/2023). Uji Kompetisi diselenggarakan di 3 Ruang Komputer yang berada di Gedung Workshop Keterampilan Terpadu Unit 2 MAN 2 Kulon Progo,  diikuti 75 dari 118 peserta di Kulon Progo.

Pada saat memberikan sambutan acara pembukaan melalui zoom, Sekjen Kemenag RI, Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag. mengungkapkan bahwa salah satu fungsi pelaksanaan Uji Kompetensi bagi Pejabat Pelaksana adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pegawai talenta sebagai pertimbangan penempatan jabatan, mutasi, rotasi bagi pegawai yang berkompeten.

Sebelumnya, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI, Dr. Nuruddin juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Uji kompetensi Jabatan Pelaksana diikuti oleh 22.595 peserta yang berasal dari 108 Satuan Kerja pada Kementerian Agama, dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Ia juga mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan Uji Kompetensi Jabatan Pelaksana adalah untuk mengetahui dan menguatkan kompetensi, dan profesiolitas pegawai Kementerian Agama. “Uji kompetensi ini juga untuk mendapatkan bank data tentang kompetensi para pegawai, yang berguna untuk menempatan pegawai pada jabatan,” terangnya.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Pejabat Pelaksana di titik lokasi, mendapat perhatian dan dimonitor oleh Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd., dan Kasubag TU, Saiful Hadi, M.Pd.I. Setelah mengunjungi ruang laboratorium yang dipakai untuk uji kompetensi, Saiful Hadi menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan uji kompetisi adalah untuk mengukur pegawai pelaksana sehingga ketika ada mutasi, rotasi, dan promosi pegawai, Kemenag mempunyai data berkaitan dengan kompetensi pegawai.

Ia menegaskan bahwa semua pegawai harus meningkatkan kompetensi atau kemampuan di bidangnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan uji kompetisi. Ditegaskannya bahwa sarana dan prasarana, terutama perangkat komputer yang memadai dan jaringan internet yang kuat harus disiapkan dengan matang karena Uji Kompetensi bagi Pejabat Pelaksana menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Hal tersebut menjadi salah satu alasan MAN 2 Kulon Progo menjadi salah satu titik lokasi (Tilok) UKOM di wilayah Kulon Progo. Ia mengucapkan terima kasih kepada MAN 2 Kulon Progo yang selalu mendukung berbagai kegiatan dinas Kantor Kemenag Kulon Progo.

Kepala MAN 2 Kulon Progo menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada MAN 2 Kulon Progo sebagai tempat pelaksanaan Uji Kompetensi bagi Pejabat Pelaksana. “Kami merasa menjadi bagian dari upaya peningkatan kompetensi dan profesionalisme bagi para aparatur Kementerian Agama. MAN 2 Kulon Progo berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang kondusif dan fasilitas yang memadai guna mendukung kelancaran pelaksanaan uji kompetensi ini. Kami juga berharap agar acara ini menjadi momentum yang berharga bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan dan potensi terbaik mereka,” harap Hartiningsih, M.Pd. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x