Jumat, 3 Mei 2024
Berita Terbaru

Laksanakan Penilaian Sumatif Akhir Semester, MAN 2 Kulon Progo Gunakan Aplikasi Jogja Madrasah Digital

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo). Menutup semester genap Tahun Ajaran 2023/2023, MAN 2 Kulon Progo melaksanakan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) 2. PSAS dilaksanakan di Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates, dimulai Selasa (30/5/2023) sampai dengan Senin (12/6/2023).

Kurnia Panca Dewi, Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum mengungkapkan istilah PSAS digunakan sebagai istilah penilaian  penutup tahun ajaran. Penilaian Sumatif Akhir Semester merupakan penilaian yang dilakukan jika seluruh materi pembelajaran dianggap sudah selesai. Istilah ini dipakai karena MAN 2 Kulon Progo dalam proses pembelajarannya menggunakan Sistem Kredit Semester. Ia juga menyampaikan bahwa untuk kelas XI, MAN 2 Kulon Progo masih menggunakan Kurikulum 13, sementara itu kelas X, sudah menerapkan Kurikulum Merdeka.

Ia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan PSAS di MAN 2 Kulon Progo menggunakan aplikasi Jogja Madrasah Digital atau biasa disingkat JMD. JMD adalah suatu aplikasi pembelajaran yang digunakan oleh madrasah-madrasah seluruh Yogyakarta. Atas prakarsa bersama K2MA demi mewujudkan digitalisasi dalam pendidikan. “Penggunaan JMD adalah sebuah mandatori dari Kanwil Kemenag DIY,” ungkapnya.

Kurnia Panca Dewi menyampaikan bahwa untuk memperlancar penggunaan aplikasi JMD, MAN 2 Kulon sebelumnya juga sudah melakukan simulasi penggunaan JMD pada Jumat (26/5/2023). “Demi lancarnya penggunaan aplikasi JMD ini, dan untuk mengetahui kendala penggunaan aplikasi JMD, para peserta didik diwajibkan mengikuti simulasi penggunaan aplikasi JMD. Ternyata hasilnya baik. Untuk peserta didik yang memiliki kendala, misalkan ketidaksediaan smartphone, madrasah menyediakan laboratorium komputer,” terangnya. (sug/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aning
Aning
10 bulan yang lalu

PSAS bukan sekedar kejar nilai tapi juga pertaruhan martabat kejujuran. Suskes ya nak 👍👍👍

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x