Minggu, 24 September 2023

11 Mahasiswi Kebidanan Universitas Alma Ata Adakan Penyuluhan di Boarding School MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo). Sebanyak 11 mahasiswi Prodi D3 Kebidanan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta mengadakan penyuluhan di Boarding School Miftahul Ullum (BSMU) MAN 2 Kulon Progo, Rabu (31/5/2023). Sebagai pemateri Irmi Quswa Khasanah dan Vitara Cahaya Ningratri. Penyuluhan berlangsung seru dan penuh antusias oleh seluruh santriwati.

“Kami sangat berterima kasih pada Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan UAA yang melalui 11 mahasiswinya telah memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang praktis dan informatif pada anak-anak kami santri BSMU. Mereka sangat senang mendapat  transferan ilmu tentang kesehatan reproduksi yang berlangsung sangat komunikatif sehingga lebih mengena dan mudah dicerna. Para santri sangat antusias mengikutinya karena merasa materi yang disampaikan sangat dibutuhkan, sesuatu yang mereka alami. Kami berharap nantinya masih ada penyuluhan ilmu kesehatan lagi yang bermanfaat bagi para santriwati,” harap Dra. Siti Muslimah, M.Pd., Pengasuh BSMU.

Dalam penyuluhan tersebut selain paparan materi, juga diadakan sesi diskusi, tanya jawab, juga layanan Kesehatan seperti ukur tensi, ukur lingkar kepala, ukur lingkar kepala, ukur lengan atas, dan timbang berat badan. Sebagian yang  aktif bertanya juga diberikan hadiah dari para mahasiswi. Beberapa pertanyaan yang disampaikan seputaran haid yang kurang lancar, penyakit-penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi, bagaimana mengetahui alat reproduksi sehat dan tidak, hingga  bagaimana mengetahui pasangan yang mengidap HIV-AIDS.

“Seru, komunikatif, dan anak-anak uga aktif bertanya maupun menjawab setiap pertanyaan yang diajukan kakak-kakak mahasiswi. Selain tentang Kesehatan, pemateri juga mengulas tentang larangan membuang atau membunuh bayi, pergaulan bebas, dan mengajak bersama-sama membaca QS. Al Isra : ayat 32 yang artinya  “Janganlah kamu mendekati zina. Sesungguhnya (zina) itu adalah perbuatan keji dan jalan terburuk,”  ungkap Lestari Nur Fadilah, mudabbir (santri senior yang diberi kepercayaan pihak BSMU) yang mendampingi selama kegiatan. (ast)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Giek
Giek
3 bulan yang lalu

Ilmu yang penuh barakah

Esti+Winarni
Esti+Winarni
3 bulan yang lalu

Alhamdulillah semoga menambah pengetahuan dan wawasan tentang kesehatan.

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x