Minggu, 19 Mei 2024

Enam Peserta Didik MAN 2 Kulon Progo Mewakili Kulon Progo di OSN Provinsi

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo-MANDAKU). Enam peserta didik MAN 2 Kulon Progo lolos dalam seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Kabupaten Kulon Progo dan berhak mewakil Kabupaten Kulon Progo maju ke Olimpiade Sains Nasinal Provinsi (ASNP) Daerah Istimewa Yogyakarta. Kepastian hasil seleksi OSNK Kulon Progo tertuang dalam Lampiran Pemenang Olimpiade Sains Nasional  Tingkat Kabupaten/Kota Jenjang SMA/MA Tahun 2023 tertanggal 2 Mei 2023.

Enam peserta tersebut adalah Muhammad Rafi Aditya Saputra (Bidang Astronomi), Salsabila Prima Anindya (Bidang Biologi), Rina Badar Rosidah (Bidang Informatika dan Komputer), Hamida Nisa Nurhidayah (Bidang Kimia), Muhammad Rabbani Al Anshari (Bidang Informatika dan Komputer), dan Abdullah Syarief Azmiy (Bidang Astronomi).

Atas raihan ini, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya. Menurutnya, prestasi tersebut sangat membanggakan dan menunjukkan bahwa para peserta didik MAN 2 Kulon Progo sudah berbicara banyak dalam kancah tingkat kabupaten dan provinsi. “Alhamdulillah, ini patut disyukuri. Anak-anak MANDAKU (sebutan kebanggaan untuk MAN 2 Kulon Progo) tidak kalah dengan sekolah lain. Terbukti enam anak lolos, dan berhak maju pada OSN Provinsi.”

Ia juga menyampaikan bahwa MANDAKU selalu mendukung, memfasilitasi, dan memberikan pendampingan sebaik-baiknya kepada siapa saja untuk mengikuti berbagai kompetisi, termasuk OSN. Dirinya berharap para peserta untuk tidak segan-segan menghubungi para guru pembimbing bila menemui kendala. “Bila kalian menghadapi kendala atau kesulitan, segera hubungi para guru pembimbing. Insya Allah para guru pembimbing selalu siap mendampingi dan memfasilitasi apa saja yang kalian perlukan. Terima kasih dan selamat mengikuti OSN tingkat DIY, semoga berhasil dengan sebaik-baiknya,” ia memberikan semangat.

Menurut Farida Rahmawati, M.Pd., Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Seleksi OSN Kabupaten Kulon Progo diselenggarakan pada 4 sampai dengan 6 April 2023 secara online dan dilaksanakan di madrasah atau sekolah masing-masing. Penyelenggaraan seleski OSN Kabupaten Kulon Progo bertempat di Ruang Laboratorium Komputer 1 di Unit 2 MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Panjatan Wates. Peserta yang dinyatakan lolos berhak mewakili Kabupaten Kulon Progo pada OSNP DIY yang diselenggarakan pada 5 s.d. 8  Juni 2023.

Rina Badar Rosidah, siswa kelas X, yang berasal dari Kuantan Singingi Riau mengungkapkan rasa bahagianya. “Alhamdulillah saya lolos maju ke tingkat provinsi pada bidang Informatika dan Komputer. Cabang lomba yang paling saya minati. Mohon doa Bapak dan Ibu guru serta teman-teman agar saya bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” harap Rina.

Muhammad Rafi Aditya Saputra, siswa kelas X, asli putra Wates, mengungkapkan bahwa ia sangat senang dapat maju ke OSNP DIY. “Astronomi ternyata membawa saya ke ajang lomba bergengsi, OSNP DIY. Ia menyukai astronomi karena astronomi adalah bidang yang unik dan belum pernah saya pelajari sebelumnya, jadi rasa keingintahuan saya cukup tinggi. Tidak menyangka bisa lolos dan ini sangat membahagiakan. Ayo teman-teman, ikuti kata hatimu. Kalian berminat di bidang apa, pelajari dengan serius,” ajaknya.

Lika-liku yang berbeda dilalui oleh Hamida Nisa Nurhidayah. Peserta didik yang masih duduk di kelas X ini memilih bidang Kimia. “Alhamdulillah, saya memilih bidang Kimia. Pada awalnya, saya memilih bidang Matematika, tetapi saat seleksi tidak lolos kemudian direkomendasikan ke bidang Kimia. Akhirnya, saya bisa lolos di OSNK ini, walaupun Kimia cukup rumit aslinya tapi Insya Allah jika berusaha maka semoga selalu dimudahkan. Saat dinyatakan lolos, saya merasa senang dan tidak percaya. Berkat doa orang tua, bapak/ibu guru pembimbing dan yang lain,” paparnya. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x