Kamis, 8 Desember 2022

Mustika Dewi Maghfirah dari MAN 2 Kulon Progo Terbaik Ke-4 Anugerah Iptek Kreanova Menoreh 2022

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo/Mandaku). Selain Eka Suci Rahmawati yang meraih Juara 3, Mustika Dewi Maghfirah, yang juga siswi dari MAN 2 Kulon Progo raih Juara 4 Anugerah Iptek Kreanova Menoreh Ke-9 Tahun 2022 Kategori Pelajar. Mustika membuat karya tulis berjudul Teknologi Tepat Guna dalam Proses Pencetakan Biopolibag Berbahan Berbahan Baku Pelepah Pisang (Musa Paradisiaca L) sebagai Minimalisasi Penggunaan Plastik di Kulon Progo. Karya tulisnya mendapatkan nilai 245.915, dan ditetapkan sebagai karya tulis terbaik ke-4. Keberhasilan ini tertuang dalam Keputusan Kepala BAPPEDA Kabupaten Kulon Progo tentang Penetapan Penerima Anugerah Iptek Kreanova Menoreh ke-9 Tahun 2022 Kategori Pelajar, (31/11/2022).

Atas raihan ini, Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo memberikan apresiasinya. ” Alhamdulillah, MAN 2 Kulon Progo dapat melahirkan para peneliti muda yang kompetitif dengan sekolah dan madrasah lain. Selamat untuk Mustika Dewi, yang telah menjadi duta dan mengharumkan nama madrasah. Terima kasih juga kepada guru pembimbing, semoga dari MAN 2 Kulon Progo terlahir talenta peneliti muda yang penelitiannya dapat dirasakan oleh masyarakat Kulon Progo,” harap Aning (nama akrab Hartiningsih) mengungkapkan rasa bangganya.

Mengetahui dua siswinya memenangi anugerah ini, Wakil Kepala Bidang Kesiswaaan MAN 2 Kulon Progo, Farida Rahmawati, M.Pd. mengatakan bahwa even bergengsi ini selain sebagai ajang berkompetisi juga sebagai ajang untuk belajar dan silaturahmi antarpelajar di Kulon Progo dalam bidang riset. “Semoga tahun depan akan lahir peneliti-peneliti muda Mandaku yang siap berlaga di ajang Anugerah IPTEK Kreanova Menoreh selanjutnya,” harapnya.

Mustika mengungkapkan rasa bangganya dengan bersyukur. Menurutnya walaupun belum bisa meraih Juara 1, raihan ini menjadi kebanggaan tersendiri. Ia menyampaikan nasihat bundanya, “Setiap langkah itu dinikmati dan disyukuri prosesnya, bukan fokus pada hadiahnya, sehingga kita tidak kecewa. Saya senang, saya setuju, saya bersyukur, Alhamdulillah.” Ia termotivasi mengikuti kompetisi ini karena ia melihat sampah plastik yang tidak mudah terurai. Ia berpikir bahwa harus ada produk pengganti plastik polybag, yaitu biopolybag yang berbahan dasar alami yaitu pelepah pisang.

Sebagai Madrasah Riset, MAN 2 Kulon Progo selalu memberikan kesempatan dan memotivasi para siswanya untuk mengikuti kompetisi-kompetisi riset sehingga terlahir penelitihan-penelitihan tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Kepada teman-temannya, ia perpesan untuk berprestasi sesuai minat dan bakat yang dimiliki, optimis, dan selalu berpasrah kepada Allah. (giant/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

5 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
26 hari yang lalu

Alhamdulillah, selamat mb Tika…👍👍👍

ifa
ifa
1 bulan yang lalu

selamat dan sukses mba Mustika👍👍

Zainal Mustofa
Zainal Mustofa
1 bulan yang lalu

Selamat mb Mustika..👏👍

Esti+Winarni
Esti+Winarni
1 bulan yang lalu

Selamat ananda atas prestasi yang diraih,semoga menambah semangat lagi untuk selalu berinovasi.

Sugiyanta
Sugiyanta
1 bulan yang lalu

Tika memang Joss

5
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x