Kamis, 8 Desember 2022

Kepala MAN 2 Kulon Progo Lepas Peserta Didiknya Lakukan Riset Kewirausahaan

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo-Mandaku) . Kepala MAN 2 Kulon Progo melepas peserta didik kelas X melakukan riset kewirausahaan. Pelepasan berlangsung di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan – Wates, Kamis (3/11/2021). Riset Kewirausahaan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dengan tempat tujuan riset adalah kalurahan-kalurahan yang berada di sekitar MAN 2 Kulon Progo. Selain Kepala Madrasah, turut hadir dalam pelepasan tersebut, Waka Kurikulum, Koordinator guru mata pelajaran projek, semua guru Pembimbing Akademik Kelas X,  dan semua guru mapel projek kewirausahaan. Adapun tema riset kewirausahaan kali ini adalah “Enterpreneurship Pelajar Pancasila Rahmatan lil ‘Alamin Peserta Didik MAN 2 Kulon Progo, untuk Mewujudkan Generasi Muda Mandiri, Kreatif, dan Inovatif.”

Saat memberikan sambutan, Kepala MAN 2 Kulon Progo menyatakan bahwa para peserta didik kelas X sepantasnya bersyukur karena memiliki kurikulum baru yakni Kurikulum Merdeka. Kurikulum tersebut mempunyai Program Profil Pelajar Pancasila dan salah satu tema yang termasuk di dalamnya adalah tema kewirausahaan.

Kewirausahaan merupakan suatu sikap pemberani untuk mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud yaitu mendapatkan penghasilan dengan tujuan memperoleh keuntungan. Aning (sebutan akrab Hartiningsih) berharap riset kewirausahaan ini memberikan pengalaman yang berharga untuk melatih keberanian mengerahkan pikiran dan tenaga untuk mendapatkan penghasilan untuk penghidupan setelah para peserta didik lulus nanti.

Aning juga mengucapkan selamat untuk menikmati outing class learning sebagai pembelajaran di luar kelas, yakni riset kewirausahaan. Ia mewanti-wanti para peserta didik untuk berlaku sopan, murah senyum, dan mengucapkan terima kasih kepada pihak kalurahan, dan menunjukkan siswa MAN 2 Kulon Progo adalah siswa yang berakhlakul karimah, dan berbudi perkerti luhur.

Setelah menyampaikan sambutan, Aning melepas para peserta didik menuju tempat atau lembaga riset yang dituju. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya melepas seluruh siswa kelas X untuk melakukan riset kewirausahaan. Semoga riset berjalan lancar, tidak ada aral rintangan apapun, kembali ke madrasah dengan selamat, dan semoga Allah meridai apa yang kita lakukan hari ini,” pungkasnya. (giant/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

3 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 bulan yang lalu

Bismillah… Semoga menjadi pengalaman riset awal yang bermanfaat bagi peserta didik

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x