Kamis, 8 Desember 2022

MAN 2 Kulon Progo Manasik Haji di Dewaruci

Bantul (Humas MAN 2 Kulon Progo-Mandaku). Hujan rintik-rintik tak menyurutkan semangat 227 siswa kelas X  MAN 2 Kulon Progo untuk melakukan manasik haji di Bumi Perkemahan Dewaruci Bantul, Rabu (26/10/2022). Diketuai Koordinator  Keagamaan MAN 2 Kulon Progo Drs. H. Suyasman, M.A.,  Pembimbing Akademik, dan seluruh guru agama, mereka berangkat dari Kampus 1 Jalan Khudori Wates. Kegiatan ini bekerjasama dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Al-Barokah. Manasik .

Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo juga berkesempatan melepas rombongan. “Alhamdulillah manasik haji bisa terlaksana tahun ini setelah hampir tiga tahun vakum. Dengan manasik haji diharapkan kalian termotivasi untuk menunaikan ibadah umroh dan haji kelak di kemudian hari,”harapnya.

“Manasik merupakan bagian dari strategi pembelajaran yang menyenangkan dengan bermain peran atau pembelajaran kontekstual. Sekaligus sebagai gambaran dan simulasi seluruh rangkaian ibadah haji dan umroh. Dengan cara seperti ini akan lebih memudahkan siswa untuk memahami materi tentang umroh dan haji,”terang Hartiningsih di depan seluruh jemaah manasik yang dikumpulkan di aula sebelum berangkat.

Diawali dari Kampus 1 MAN 2 Kulon Progo sebagai miqot bir ali,  siswa lalu menuju tempat manasik haji. Sepanjang perjalanan para jemaah mengucapkan talbiyah. Sesampainya di lokasi, mereka melakukan serangkaian ibadah umroh dan haji dengan melakukan thowaf, sa’i, jumrah aqobah, jumrah wustho dan jumrah ulla, wuquf, thowaf ifadah, dan tahallul.

Sepanjang rangkaian ibadah, mereka dipandu pembimbing rombongan masing-masing. Mereka terbagi dalam 10 rombongan. Manasik pun selesai dilaksanakan sebelum memasuki waktu zuhur. Ketua rombongan, Suyasman merasa puas dengan pelaksanaan manasik kali ini.

“Anak-Anak menjadi paham apa saja yang perlu dipersiapkan dalam manasik. Terutama yang putra, bagaimana mengenal kain ihram dan memakainya dengan benar juga diajarkan. Alhamdulillah, sesampai di Bumi Perkemahan Dewaruci tempatnya nyaman, sejuk, tenang, dan tidak panas karena banyak pepohonan yang rindang. Disediakan sarana prasarana secara lengkap dalam pelaksanaan manasik haji. Pelayanan terhadap peserta dan panitia sangat baik dan ramah.  Selesai melakukan rangkaian manasik haji, kami pun disuguhi wedang serai yang hangat dan sangat cocok untuk dinikmati,” tutur Suyasman.

Kesan ini tak jauh beda dengan yang disampaikan salah satu peserta manasik dari XD, Amelia Sari. “Jujur baru pertama kali praktik manasik haji. Awalnya mengira kegiatan akan membosankan. Ternyata dengan perjalanan yang  lumayan jauh saya merasakan keseruan. Fasilitas dan sambutannya baik, kegiatan juga Alhamdulillah berjalan dengan baik,” ungkapnya  bersemangat.

Siswi boarding school MAN 2 Kulon Progo yang fasih membaca Alquran ini juga berharap, dengan manasik ini dapat meningkatkan pemahaman akan tempat dan bacaan-bacaan praktik ibadah haji untuk memotivasi dan menyempurnakan rukun Islam. “Semoga apa yang kita lakukan berguna untuk kedepannya dan semoga Allah memberikan kita kesempatan bisa ke tanah suci dengan sehat dan selamat,” tambahnya.

Bumi Perkemahan Dewaruci sangat direkomendasikan untuk pelatihan manasik disana.  Kita bisa belajar untuk mengerti tempat dan bacaan. manasik haji, baik bagi para siswa maupun masyarakat umum. Selain itu, bumi perkemahan ini juga dapat digunakan untuk melakukan outbound dan camping dengan tarif yang terjangkau. (rois/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

5 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 bulan yang lalu

Semoga bisa menjadi wasilah tercapai doa menuju Haramain

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah, manasik berjalan lancar

Esti+Winarni
Esti+Winarni
1 bulan yang lalu

Semoga dengan kegiatan manasik ini memberikan pengalaman nyata dan dapat memotifasi siswa MANDAKU besok ke depan untuk berhaji.

Aning
Aning
1 bulan yang lalu

Sekarang baru latihan haji ya nak..insya Allah ke depan benar2 haji yang sesungguhnya aamiin ya Rabb..🙏🙏

FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
1 bulan yang lalu

Bismillah…
Smg adanya pelatihan manasik haji ini menginspirasi anak2 kelak menunaikan ibadah haji yg sesungguhnya. Aamiin…

5
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x