Kamis, 8 Desember 2022

MAN 2 Kulon Progo Selenggarakan Upacara Peringatan HSN Turut ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo/Mandaku) . “Santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya, siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.” Itulah petikan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam rangka upacara Peringatan Hari Santri Nasional yang dibacakan pembina upacara Suyasman, Sabtu (22/10/2022). MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di halaman Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus 2, diikuti oleh seluruh warga madrasah.

Adapun tema yang diangkat dalam peringatan HSN tahun 2022 ini adalah ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’. Menteri Agama mengatakan maksud dari tema tersebut adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

“Bahwa melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Presiden Joko Widodo menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa untuk berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang kemudian melahirkan aksi heroik 10 November 1945,” terang Suyasman saat membacakan sambutan Yaqut Cholil.

Ia juga mengajak untuk mendokan para ulama terutama kyai dan santri yang telah syahid di medan laga demi kemaslahatan bangsa dan agama. “Mari para santri, para siswa, para pemuda untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Sebagai petugas upacara adalah pengurus OSIS dan bersiap pula di samping barisan para siswa petugas PMR (Palang Merah Remaja) MAN 2 Kulon Progo. Para santri (siswa putra) dan para bapak guru dan pegawai dengan baju koko putih, bersarung, dan berpeci hitam. Sedang santriwati (siswi) dengan seragam serba putih dan ibu guru pegawai dengan baju dan jilbab putih bawahan batik. Suasana upacara tampak khidmat dan menghadirkan suasana yang berbeda.

Setelah upacara dilaksanakan, Muqaddaman atau Gerakan Khataman Alquran dilakukan serentak di setiap kelas X dan XI,  juga di aula yang ditempati seluruh kelas XII dengan di dampingi Pembimbing Akademik masing-masing kelas. Seluruh guru dan pegawai juga terlibat dalam mengkhatamkan Alquran sesuai pembagian juz masing-masing yang dikoordinasi oleh Isnaini Nurkhalimah.

Di hari sebelumnya, lomba-lomba keagamaan pun dilaksanakan secara daring atau online untuk memperingati HSN. Sedang pengumuman hasil lomba akan disampaikan pada Senin, (24/10/2022) bersamaan dengan pengumuman hasil lomba Cosplay dan lomba peringatan Bulan Bahasa.  (giant/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aning
Aning
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah peringatan HSN MAN 2 KULON PROGO berjalan lancar dan khidmat Barokallah..🙏🙏🙏

Esti+Winarni
Esti+Winarni
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah 👍👍👍👍

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x