Kamis, 8 Desember 2022

MAN 2 Kulon Progo Gelar Gladi Roadshow Teatrikal Kesejarahan

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo/Mandaku). MAN 2 Kulon Progo menggelar gladi kotor Roadshow Teatrikal Kesejarahan di Gedung Pusat Pembeajaran Terpadu Kampus Pusat atau Unit 2 MAN 2 Kulon Progo, Kamis (29/9/2022). Acara melibatkan 40 siswa dan didampingi para awak Jogjakarta 45 dan beberapa guru dan pegawai. Hadir dalam gladi kotor tersebut Eko Isdianto, Ketua Jogjakarta 45, bersama Ungki Rosdijanto (pelatih peran), Handono Prasetyo (pelatih narator), Yeldi Ramadhan (pendamping tim film pendek), Bagus Nur Ahmad (properti) dan Irfan.

Menurut Eko Isdianto, Jogjakarta 45 adalah sebuah komunitas pemerhati dan penikmat sejarah khususnya peristiwa sejarah antara tahun 1943 hingga 1950. “Salah satu perhatian Jogjakarta 45 adalah tahun-tahun Jogjakarta berperan penting terhadap keberlangsungan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahwa Raja Jogjakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, menerima Presiden, Wakil Presiden, dan para pejabat waktu itu. Diberikannya izin dan kontribusi sebagai ibu kota Republik Indonesia oleh Raja Jogjakarta adalah kebanggaan rakyat Jogja. Tak Terbayang bila Indonesia tanpa Jogjakarta. Itulah sebabnya kami semua terkonsentrasi pada peristiwa sejarah pada tahun itu, dan kami ingin peristiwa-peristiwa ini diketahui oleh masyarakat luas. Roadshow Kesejarahan 2022 adalah kiprah kami,” ungkapnya. Ia juga mengatakan bahwa Jogjakarta 45 mempunyai anggota sekitar 70 orang.

Salah satu pendamping dari Jogjakarta 45, Handono Prasetyo mengatakan bahwa ia terkesan dengan antusias para siswa mengikuti latihan. “Eh, ini anak-anak antusias sekali, dan saya merasa anak-anak cepat memahami cara membawakan dan memainkan karakter tokoh-tokoh yang diperankannya,” ia menyampaikan kesan yang ia rasakan.

 

Menurut Panzi  Ahmad Ghozali, S.Pd., ketua kegiatan Roadshow, menyampaikan bahwa penyelenggaraan roadshow ini merupakan bentuk kerjasama antara Dinas Kebudayaan atau Kundo Kabudayan Daerah Istimewa Yogyakara. Acara ini didahului oleh pelaksanaan Workshop Fotographi Budaya oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan Kabupaten Kulon Progo pada Kamis s.d. Jumat, 8-9 September 2022) dan Workshop Tim Teknis Roashow Kesejarahan 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY pada Senin, (26/9/2022). MAN 2 Kulon Progo sendiri mengirimkan 3 siswa yang kemudian menjadi tim pembuat film pendek Roadshow Kesejarahan ini.

MAN 2 Kulon Progo memilih peristiwa detik-detik kehadiran Presiden Ir. Sukarno dan wakilnya, Drs. Muhammad Hatta beserta beberapa menterinya ke Jogjakarta dan diterima langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX di Keraton Jogjakarta. Ini menandakan berpindahnya ibu kota negara dari Jakarta ke Jogjakarta. Pihak Keraton Jogjakarta bersedia membantu pembiayaan negara Republik Indonesia walaupun tidak bisa mencukupi. Demikian sekilas gambaran teatrikal yang bakal digelar di MAN 2 Kulon Progo. (giant/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
2 bulan yang lalu

Alhamdulillah…👍👍👍

Aning
Aning
2 bulan yang lalu

Sebagai salah satu upaya membangkitkan rasa nasionalisme generasi muda. Matur nuwun Komunitas Pejuang 45 dan Dinas Kebudayan DIY. MANDAKU SIAAP

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x