Kamis, 8 Desember 2022

SMA IT Abu Bakar Studi Tiru di MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku) . SMA Islam Terpadu Abu Bakar Kulon Progo melakukan kunjungan studi tiru di MAN 2 Kulon Progo, Senin (26/9/2022). Tim Studi Tiru terdiri dari 6 personil dan dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah. Rombongan studi tiru diterima oleh Kepala MAN 2 Kulon Progo, didampingi Tim Manajemen Madrasah yang terdiri dari Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Kehumasan, Sarana Prasarana, Koordinator Bidang Keagamaan, dan Ketua Unit Produksi Program Keterampilan. Bertempat di Ruang Manajemen Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, acara berlangsung hangat dan akrab.

Mengawali pembicaraan, Kepala SMA IT Abu Bakar, H. Salim, S.Ag., M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan MAN 2 Kulon Progo yang telah bersedia menerima kedatangan tim. Ia menyampaikan bahwa maksud kedatangan tim adalah untuk melakukan studi tiru tentang pelaksanaan dan pengembangan program keterampilan, ekstrakurikuler, dan asrama. “SMA IT Abu Bakar bermaksud untuk meniru pelaksanaan program keterampilan di MAN 2 Kulon Progo. Izinkan kami untuk belajar bagaimana menyusun kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, dan sarana prasarana program keterampilan. Kami tahu MAN 2 Kulon Progo sudah berpengalaman dalam hal ini,” ungkapnya.

Sambutan hangat diberikan Hartiningsih, M.Pd., kepala MAN 2 Kulon Progo. Disampaikannya, MAN 2 Kulon Progo selalu membuka pintu kepada siapa saja untuk belajar bersama, bertukar pikiran, saling melengkapi dalam melaksanakan, mengembangkan dan memajukan pendidikan untuk masyarakat luas, utamanya bagi masyarakat Kulon Progo. “MAN 2 Kulon Progo mendapat amanah dari Kemenag RI sebagai Madarsah Plus Keterampilan, Madrasah Penyelenggara program SKS, Madrasah/Sekolah Ramah Anak, Madrasah Adiwiyata, Madrasah Digital, dan juga Madrasah Penyelenggara Kurikulum Merdeka,” paparnya.

Sebagai Madrasah Plus Keterampilan, MAN 2 Kulon Progo memiliki 5 program keterampilan yaitu Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Teknologi Audio Video (TAV), Desain Komunikasi Visual (DKV), Tata Boga, dan Tata Busana.  Untuk menguatkan program keterampilan, MAN 2 Kulon Progo sudah menandatangani MoU dengan perguruan tinggi,  dunia kerja, dan dunia industri. Untuk program TAV dan DKV, Madrasah menandatangani MoU kerjasama dengan Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI), ITS Surabaya, PT Polytron, dan PT Samsung. Sedang APHP dan Tata Boga dengan Rajendra Farm, Enaz Cookies, dan PT Bogasari. Untuk Tata Busana bekerja sama dengan Batik Sembung, dan Margaria.

Aning (sebutan akrab Hartiningsih) juga menyampaikan bahwa setiap program keterampilan harus memiliki produk unggulan. Ia mencontohkan bahwa program APHP dan tataboga mempunyai produk Yogurt (dengan nama brand Manjagurt), Kefir (Manjafir), dan es krim (Mandalato Ice Cream). DKV mempunyai program desain tulisan dan gambar pada mug, cangkir, atau cidera mata lainnya. Tata Busana dengan produk kain ecoprint dan shibori. Produk-produk tersebut disamping merupakan hasil karya kebanggaan peserta didik, juga untuk membiayai sebagian kebutuhan program keterampilan itu sendiri. “Dengan program keterampilan ini, diharapkan lulusan MANDAKU bisa siap kuliah, siap kerja, dan siap berwirausaha,” pungkasnya.

Menutup kunjungannya, Tim studi tiru mengunjungi  Gedung Keterampilan Terpadu untuk melihat dari dekat, lima Ruang Workshop dan sarana prasarana yang ada di MAN 2 Kulon Progo. (giant/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
2 bulan yang lalu

Alhamdulillah..👍👍👍

Esti+Winarni
Esti+Winarni
2 bulan yang lalu

Alhamdulillah, MANDAKU semakin okey.

Aning
Aning
2 bulan yang lalu

MANDAKU madrasah plus ketrampilan mencetak lulusan yang unggul, Islami, terampil, inovatif, kreatif, berkelas dunia. 👍👍✨️✨️

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x