Kamis, 25 April 2024

Program Niaga MQ 92.3 FM Jogja, Bersama MAN 2 Kulon Progo

Yogyakarta (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). MAN 2 Kulon Progo diberi kepercayaan untuk mengisi program siaran di Radio (MQ) Manajemen Qolbu  92.3 FM Yogyakarta pada Senin (12/9/2022). Disiarkan secara langsung melaui kanal Youtube: https://www.youtube.com/c/MQFMJogja dari lantai 2 Graha Universitas AMIKOM Yogyakarta Gedung 1 di Jalan Ring Road Utara Condong Catur Depok, Sleman DIY.  MAN 2 Kulon Progo tampil dalam acara Inspirasi Niaga di Radio MQ FM 92.3, salah satu jaringan MQ FM asuhan KH Abdullah Gymnastiar. Sesuai dengan slogannya, program siaran Radio MQ Jogja ditujukan untuk menginspirasi pendengarnya dengan sajian informasi dunia Islam dan lainnya.

Mengantarkan para pendengar memasuki acara, penyiar Radio MQ 92.3 FM, Zahra, mengajak pendengar untuk memilih sekolah atau madrasah dengan mutu pendidikan yang terbaik. Tema program Ispirasi Niaga adalah ‘MAN 2 Kulon Progo, Sekolah/Madrasah Ramah Anak Mencentak Entrepreneur Muda’ dengan narasumber Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo dan Farida Rahmawati, M.Pd., Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan.

Mengawali acara, Hartiningsih memperkenalkan MAN 2 Kulon Progo sebagai Madrasah Aliyah Program Keterampilan atau madrasah aliyah dengan predikat Madrasah  Keterampilan yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Madrasah yang mempunyai dua kampus, Kampus 1 terletak di Jalan Khudori Wonosidi Wates dan Kampus 2 atau sering disebut Kampus Pusat terletak di Jalan Pahlawan Panjatan Kulon Progo.

Icon Madrasah Keterampilan berarti bahwa MAN 2 Kulon Progo sama dengan SMA atau MA yang lain tetapi mempunyai penekanan dan penambahan jam pembelajaran pada mata pelajaran keterampilan. Madrasah memberikan delapan jam pelajaran untuk keterampilan terlepas dari mapel prakarya, keterampilan dan kewirausahaan dan ekstrakurikuler. MAN 2 Kulon Progo membuka 5 program keterampilan yaitu Tata Busana, Tata Boga, Agribisnis dan Pengolohan Hasil Pertanian (APHP), Teknik Audio Visual (TAV) dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Program keterampilan ini diikuti oleh lima kelas dari 8 kelas setiap jenjangnya yang disiapkan bagi para siswa yang ingin langsung bekerja setelah lulus. Adapun 3 kelas lainnya adalah kelas akademik yang dipersiapkan bagi para siswa yang melanjutkan pendidikan di pergruan tinggi. Hartiningsih juga menyatakan untuk dapat mengikuti program keterampilan tersebut, para siswa harus mengikuti seleksi ketat yang sesuai dengan bakat dan minat pada awal tahun pelajaran.

 

Seleksi memilih program keterampilan disampaikan oleh Farida Rahmawati bahwa harus mengisi angket untuk memilih program yang diminati. Para siswa baru juga harus mengikuti tes tertentu pengetahuan dan praktik untuk menentukan program keterampilan yang bisa mereka ikuti.

Ketika host menanyakan keterkaitan antara MAN 2 Kulon Progo sebagai Sekolah/Madrasah Ramah Anak dan mencetak entrepreneur muda, Hartiningsih menyampaikan bahwa MAN 2 Kulon Progo baru saja menerima Anugerah Anak Jogja 2022 untuk kategori Sekolah/Madrasah Ramah Anak terbaik tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Penghargaan diserahkan pada acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional pada Minggu (7/8/2022) lalu. MAN 2 Kulon Progo sejak 2017 juga sudah mendapatkan SK Rintisan MRA dari DP3AP2 DIY dan terus berkomitmen dan berupaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak. Komitmen ini tertuang jelas dalam KTSP dan program-program nyata madrasah yang banyak melibatkan siswa.

Sekolah/Madrasah Ramah Anak memiliki keterkaitan yang erat dengan penyelenggaraan madrasah keterampilan karena untuk disebut Satuan Pendidikan Ramah Anak harus ada dua atau tiga indikator pokok yaitu perlindungan terhadap anak, pemenuhan hak-hak anak, dan proses pengaduan. Hal ini dikarenakan karakteristik para siswa itu berlainan, ada yang dominan pada aspek kognitif dan pengetahuan, ada juga yang dominan pada aspek psikomorik dan keterampilan, MAN 2 Kulon Progo harus bisa menampung dan memberikan wadah kepada mereka untuk memenuhi hak para siswa.

“Nah untuk siswa yang memiliki kemampuan yang dominan pada aspek psikomotorik, madrasah menyediakan kelas-kelas keterampilan yang mendorong siswa untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur setelah lulus dari madrasah nanti. Oleh karena itu madrasah memiliki jargon ‘Mandaku Siap’ yaitu Siap Kuliah, Siap Kerja, Dan Siap Berwirausaha,” terang Hartiningsih.

MAN 2 Kulon Progo benar-benar terfokus serius dalam menjalankan dan mengembangkan program keterampilan. Madrasah Keterampilan adalah unggulan MAN 2 Kulon Progo. Semua program madrasah memiliki ruang workshop memadai berstandar nasional yang dilengkapi alat dan perlengkapan canggih berbasis TI bantuan dari SBSN Kementerian Agama. Guru-guru keterampilan adalah guru-guru yang berkompeten dan berijazah program keterampilan dibidangnya. Madrasah juga menghadirkan kerjasama dengan dunia kerja dan industri dan juga dunia pendidikan yang memungkinkan siswa untuk mendapatkan pendidikan tambahan praktik magang kerja.

“Mandaku menandatangangi MoU dengan perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI). Juga bekerja sama dengan dunia usaha di antaranya Rajendra Farm, PT Samsung, Margatira, Boga Sari Batik Sembung, Enas Cookies, PT Philips, PT Samsung. dan lainnya,” tambah Aning (panggilan akrab Hartiningsih.

“Sebagai contoh, untuk program keterampilan Tata Boga dan APHP, madrasah bekerja sama dengan Rajendra Farm, sebuah usaha dari lereng pegunungan Menoreh Kulon Progo yang mau menyediakan susu segar kambing etawa. Susu segar dibawa ke madrasah lalu oleh anak-anak program keterampilan Tata Boga dan APHP dibuat menjadi olahan yogurt Manjagurt dan olahan kefir Manjafir. Dimana produk ini dilauching oleh Kepala Kanwil Kemenag DIY,” jelas Aning.

MAN 2 Kulon Progo juga mengolah susu etawa tersebut menjadi es krim dengan branded Mandalato Ice Cream, yang baru saja dilaunching pada 9 September 2022. “Produk ini sehat dan halal karena MAN 2 Kulon Progo sudah mendapatkan sertifkat halal dari Kementerian Agama RI. Untuk program keterampilan Tata Busana, mempunyai produk unggulan berupa kain shibori dan kain ecoprint. Saat Mandaku mengikuti bazar di Jakarta, produk kain ini juga dilarisi oleh ibu Menteri Agama,” lanjutnya.

Farida Rahmawati menyampaikan bahwa penerapan Madrasah/Sekolah Ramah Anak di Mandaku melalui pembiasaan-pembiasaan setiap harinya. “Untuk pembiasaan akhlakul karimah atau budi pekerti, misalkan, para siswa dibiasakan untuk saling tegur sapa dengan guru dan pegawai, dengan sesama atau bahkan dengan para tamu madrasah. Para siswa, dan tentu saja termasuk para guru dan pegawai, dibiasakan untuk tersenyum, bila perlu menyapa, atau menjawab dengan ramah. Bahkan bila ada tamu, anak dibiasakan untuk menanyakan keperluan dan mengantar ke tempat tujuannya,” papar Farida.

Dalam bidang pembiasaan keagamaan, di awal waktu sebelum bel masuk diperdengarkan Asmaul Husna di kampus 1 ataupun muratalan secara langsung yang dilantunkan siswi boarding school (kampus 1) yang bertugas. Selanjutnya secara bergantian sesuai jadwal, para siswa dibiasakan untuk selalu shalat Duha atau tadarus (membaca Alquran). Di waktu salat Zuhur, para siswa salat berjamaah dan ada pembiasaan kultum untuk siswa putra dan di waktu salat Asar juga dilaksanakan secara berjamaah. Berdoa saat mengawali dan menutup pelajaran, memberikan kesempatan kepada anak untuk menjadi imam dan khatib shalat Jumat dan sebagainya. (giant/ast)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

4 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 tahun yang lalu

MANDAKU semakin mengudara, Bersama MQ Radio … 👍👍

Aning
Aning
1 tahun yang lalu

MANDAKU selalu dihati ❤️

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah.. MANDAKU PASTI, CeTTAR MEMPESONA…👍👍👍

FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
1 tahun yang lalu

Trima kasih MQFM Jogja atas kesempatan yg diberikan kepada MANDAKU utk mengudara dalam sekmen Inspirasi Niaga.

4
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x