Minggu, 24 September 2023

Program Keterampilan Tata Busana MAN 2 Kulon Progo Luncurkan Kain Ecoprint

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo-Mandaku). Memeriahkan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 2022, Program Keterampilan Tata Busana MAN 2 Kulon Progo meluncurkan kain ecoprint.  Produk karya para siswa Tata Busana berupa kain yang saat ini juga tengah digemari masyarakat. Bertempat di halaman upacara Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, peluncuran dilaksanakan usai jalan sehat dan senam aerobik yang diikuti oleh guru, pegawai, dan siswa, Jumat (9 /9/2022).

Dalam sambutannya, sebelum melaunching kain ecoprint, Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo mengatakan bahwa launching produk unggulan ini adalam momen yang sangat membanggakan. “Alhamdulillah, program keterampilan Tata Busana Mandaku juga kembali meluncurkan produk unggulan yang kedua yaitu kain ecoprint, setelah tahun lalu juga launching kain shibori. Ini merupakan momen yang sangat membanggakan. Hal ini sebagai bukti bahwa Mandaku membekali siswa-siswanya untuk mengembangan jiwa dan wawasan kewirausahaan atau entrepreneurship mereka. Para siswa sudah diberikan ilmu dan keterampilan yang bermanfaat untuk menatap masa depan setelah lulus nanti. Anak-anak harus siap kuliah dan siap kerja,” ungkapnya.

Esti Winarni, S.Pd., salah satu guru keterampilan Tata Busana mengungkapkan bahwa membuat kain ecoprint dapat dilakukan siapa saja termasuk oleh para siswa sehingga para siswa dapat mengembangkannya dengan motif yang disukainya. “Kain ecoprint sangat bisa dikerjakan oleh siswa. Hanya berbekal dengan ketekunan dan ketelatenan dan kreatif memanfaatkan sumber daya alam yg ada di sekitar rumah. Baik berupa daun maupun bunga untuk membuat motif. Sedangkan pewarnaan juga menggunakan pewarna alam, diperoleh dari  pohon maupun akar. Saya rasa ecoprint ini dapat dikembangkan para siswa dan menjadikannya sebagai pilihan untuk berwirausaha,” harapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Dwi Kurniawati, S.Pd., guru keterampilan Tata Busana lainnya. Menurutnya kain shibori dan ecoprint bisa dibuat busana yang elegan bila dibuat dengan pola yang pas. Dwi juga menyampaikan bahwa pembuatan kain ecoprint ini sejalan dengan program MAN 2 Kulon Progo sebagai Madrasah Adiwiyata Nasional, madrasah yang ramah terhadap lingkungan sekitar.

Sementara itu Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Muhammad Nur Kholis, S.Ag. menyatakan bahwa launching atau peluncuran kain ecoprint dilaksanakan bertepatan dengan Haornas untuk memberikan bekal kewirausahaan kepada seluruh siswa setelah para siswa mengikuti kegiatan jalan sehat, dan senam aerobik. Ia juga mengatakan peluncuran produk-produk unggulan sebagai usaha untuk memupuk rasa bangga dan cinta kepada madrasah. (giant/ast)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

7 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Warsito
Warsito
1 tahun yang lalu

Karya yang bagus, semoga suatu saat bisa mendesain seragam Mandaku

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 tahun yang lalu

Dapat menambah khazanah motif perkainan

FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
1 tahun yang lalu

Kain ecoprint MANDAKU kereen…

Sugiyanta
Sugiyanta
1 tahun yang lalu

menunggu desain busana dengan kain ecoprint

Esti+Winarni
Esti+Winarni
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah,selamat berkreasi ananda mengembangkan keterampilan membuat ecoprint di masyarakat.

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah, teruslah berinovasi dan berkarya nyata demi membekali siswa kita, dan mudah mudahan siswa kita semuanya sukses dan maju. Aamiin

Aning
Aning
1 tahun yang lalu

Eco Print MANDAKU cantiikk motif nya. 💕💕❤️❤️✨️✨️👍👍👍

7
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x