Jumat, 29 Maret 2024

Segarnya Koktail, Puding, Smoothie, Es Teler, dan Es Buah Kelas X Tata Boga MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP-Mandaku).ย Desert atau hidangan penutup, adalah menu favorit bagi semua kalangan. Kesegaran dan kenikmatan usai menyantapnya membuat hidangan ini sangat digemari. Menu ini juga yang pertama kali dipraktikkan oleh siswa-siswi keterampilan Tata Boga MAN 2 Kulon Progo, pada Selasa (9/8/2022). Mereka asik praktik di Gedung Workshop Keterampilan, Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo Jalan Pahlawan Gotakan Panjatan Kulon Progo. Di bawah bimbingan guru keterampilan Tataย Boga, Enyย Prasetyaningsih, S.Pd.T.ย dan Sumaryanto, S.T.P., dihasilkan hidangan penutup seperti koktail, ย puding, smoothie, es teler,dan es buah.

ย โ€œIni adalah hari pertama praktik bagi kelas X setelah sebelumnya mereka mendapatkan teori. Kali ini mereka mendapatkan materi pengolahan buah segar untuk dibuat puding dan aneka minuman seperti es buah, es teler, koktail, dan smoothie,โ€ terangย Eny.

Menurutnya,ย teknik pengolahan ย menggunakan โ€œboilingโ€ atau merebus. Ia mengharapkan dengan keterampilan dasar pengolahan aneka buah menjadi minuman dan hidangan kekinian ini,ย para pserta didik dapat mengembangkannya dan menjadikannya sebagai bekal pengetahuan dan menumbuhkan jiwa berwirausaha (entrepreneurship) untuk menghidupi diri dan keluarga.

Cheisya Aulya Afkarina, salah satu siswa yang mengikuti program keterampilan Tataย Boga mengomentari hasil praktiknya. โ€œSaya merasa sangat puas dengan hasil praktik kali ini walaupun menurut Bapak dan Ibu guru, masih kurang manis sedikit,โ€ungkapnya tersipu.

Cheisya juga mengungkapkan perasaannyaย setelah mengikuti praktik yang pertama. โ€œSenang bisa mengikuti program keterampilanย Tata Boga. Guru masaknya sabar dan telaten membimbing kami semua. Apalagi gedung dan ruang terasa nyaman, peralatan masak tersedia lengkap melebihi yang saya kira,โ€ terangnya. Ia juga yakin masa depannya,ย akan banyak terbantu, โ€œSaya akan menjadi mengusaha katering dan kuliner setelah lulus nanti,โ€ungkapnya sumringahย menatap masa depan.

Tak jauh beda dengan Shafa Aulia Azzahra,ย bersama kelompoknya, ia membuat smoothie dan es teler. โ€œSepertinya tadi Bu Eny dan Pak Sumaryanto senang melihatย hasilnya. Apapun penilaiannya,ย saya senang. Ternyata membuat minuman segar itu menyenangkan. Asyik.โ€ Ia pun mantap untuk menjadi pengusaha kuliner setelah lulus dari MAN 2 Kulon Progo. Ia berpesan kepada teman-temannya untuk mengikuti pelajaran atau program keterampilan yang dipilihnya. โ€œBoleh jadi pilihannyaย bisaย membantu memenuhi kebutuhannya,โ€ terangnya.ย (giant/ast)

 

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Esti Winarni
Esti Winarni
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah, mantap sukses selalau Tata Boga MANDAKU.

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah..๐Ÿ‘๐Ÿ‘

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x