Minggu, 19 Mei 2024

Kabid Pendis Kanwil Kemenag NTT Dampingi MAKN Ende, Studi Tiru di MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP/Mandaku) . Kepala Bidang Pendidikan Islam (Kabid Pendis) Kanwil Kemenag Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. H. Puas Montu Umbu Nay, mendampingi Kepala Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Ende melakukan kunjungan studi tiru di MAN 2 Kulon Progo, Kamis (11/8/2022). Turut mendampingi, Muhammad Sodiq, S.Ag., Kepala Seksi Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan, dan seorang guru dari MAKN Ende. Bertempat di Gedung Workshop Keterampilan Terpadu Unit 2, MAN 2 Kulon Progo, mereka diterima langsung oleh JFT Pengembangan Teknologi Pembelajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum.. Turut menyambut, para Wakil Kepala dan  Kepala Unit Produksi Program Keterampilan MAN 2 Kulon Progo.

Setelah datang, tim studi tiru langsung mengunjungi ruang workshop keterampilan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Tata Boga, Tata Busana, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Teksnik Audio Visual (TAV). Di ruang workshop ini mereka menanyakan beberapa hal sekitar alasan pemilihan keterampilan, cara mengelola, dan mengembangkan program keterampilan. Anita, yang kebetulan juga pernah menjabat kepala di MAN 2 Kulon Progo, banyak menjawab pertanyaan tersebut dibantu oleh Kepala Unit Produksi dan beberapa guru yang sedang mengajar di ruang workshop keterampilan.

Ruang Podcast adalah ruang yang dikunjungi selanjutnya. Sebuah ruang yang didesain untuk membuat rekaman diskusi berbentuk audio yang biasanya membahas topik tertentu. Podcast banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Kebetulan beberapa peserta didik sedang mendiskusikan pembuatan podcast yang akan tayang esok hari (12 Agustus 2022). Tim studi tiru banyak melakukan diskusi dengan para peserta didik. Beralih ke gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, tim studi tiru mengunjungi perpustakaan dan ruang teater.

Montu Umbu Nay, mengucapkan terima kasih sudah diperkenankan mengunjungi MAN 2 Kulon Progo. Kedatangan tim dimaksudkan untuk belajar dari MAN 2 Kulon Progo. Ia mengharapkan MAN 2 Kulon Progo dengan sukarela menberikan kiat-kiat dalam mengembangkan dan mengelola program keterampilan. “MAN 2 Kulon Progo pantas menjadi acuan dalam pemilihan jurusan oleh MAKN Ende,” ungkapnya. Sementara itu, Anita juga menyambut baik kedatangan tim dari NTT dan memberikan sumbang pikiran terutama dalam hal pilihan jurusan dan cara pengelolaannya kepada MAKN Ende. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Esti Winarni
Esti Winarni
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah, semoga MANDAKU dapat menjadi Inspirasi Madrasah lain.

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah..👍👍

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x