Minggu , 26 Juni 2022

Ini Kemeriahan Puncak Harlah Ke-55 MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). Puncak Perayaan Hari Lahir (Harlah) MAN 2 Kulon Progo merupakan ajang promosi tentang berbagai kegiatan dan prestasi yang telah diraih. Menapaki usia ke-55, Puncak Harlah diselenggarakan di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus 2. Hari Ulang Tahun MAN 2 Kulon Progo, sebenarnya jatuh pada tanggal 25 April 2022, tetapi karena bersamaan dengan puasa Ramadan 1443 H maka perayaan Harlah diundur menjadi Kamis, (19/5/2022). Hadir dalam acara tersebut Dr. H. Masmin Afif, M.Ag., Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, H. Muhammad Wahid Jamil, S.Ag., M.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama, pihak MoU, perwakilan alumni, komite, guru dan pegawai, utusan masyarakat sekitar beserta para siswa MAN 2 Kulon Progo.

Sebelumnya, beberapa rangkaian kegiatan untuk menyambut Harlah MAN 2 Kulon Progo juga sudah dilaksanakan bulan-bulan sebelumnya. Seperti penyelenggaraan lomba antarsiswa SMP/MTs tingkat nasional yang dikemas dengan tajuk ‘MENTION#3’, kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Kulon Progo (22/3/2022). Kemudian, MAN 2 Kulon Progo menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gerakan Sejuta Vaksin Booster untuk mencegah pemaparan Covid-19 (21/4/2022).

Beberapa kegiatan untuk membangun kebersamaan madrasah dengan masyarakat luas juga diselenggarakan dalam tajuk jalan sehat. Adapun rute perjalanan mulai dari halaman upacara MAN 2 Kulon Progo kemudian menyusuri Pedukuhan Gotakan, melewati Kampung Pancasila “Dobangsan” dan selanjutnya kembali ke MAN 2 Kulon Progo melalui jalan raya, Jalan Pahlawan Panjatan. Sesampai di madrasah, juga sudah bersiap bazar dan pameran untuk masyarakat luas serta lomba mancing di kolam madrasah. Sebagai puncak acara, resepsi peringatan Harlah MAN 2 Kulon Progo yang di gelar di Aula Gedung Pembelajaran Terpadu.

Diawali sambutan kepala madrasah dan Kakanwil Kemenag DIY dilanjutkan tarian sambutan Ratoh Jaroe, sebuah tarian yang menunjukkan perjuangan wanita Aceh. Menyambung persembahan “Wonderfull Seni MANDAKU” yang berupa persembahan seni kreasi siswa kolaborasi antara Tarian Wonderland, Fashion Show Potret MANDAKU dari seluruh program keterampilan yang ada di MAN 2 Kulon Progo berikut ekstrakrikulernya dan Drama Profesi. Mereka yang tampil ikut menyemarakkan acara adalah para siswa Boarding School Miftahul Ulum dan para siswa yang tergabung dalam organisasi yang ada di MAN 2 Kulon Progo.

Acara puncak ditandai potong tumpeng disertai doa dan ucapan selamat Hari Lahir MAN 2 Kulon Progo oleh Kakanwil dan diserahkan kepada Kepala Madrasah. Acara dilanjutkan peluncuran (launching) buku  “Diamku adalah Caraku untuk Menyemangatimu” karya  Sholikah Puji Rahayu siswa kelas XII yang sudah diterima di Fakultas Biologi Universitas Negeri Yogyakarta melalui jalur SNMPTN. Launching kedua, berupa majalah Mandaku Cerdaz yang dipimpin oleh Anisa Ayu Muthiah siswa kelas XI MIPA 2.

Menanggapi peluncuran buku dan majalah siswa ini, Kepala Kantor Kemenag DIY memberikan apresiasinya, “Ini sangat baik, siswa-siswa sudah bisa menunjukkan karya dengan menulis buku. Sholikah Puji Rahayu sudah memberikan contoh. Adik-adik kelasnya juga harus bisa berkarya, karena sudah ada wadah untuk menulis dan bisa kalian mulai dari majalah Mandaku Cerdaz. Bubuhkan karya-karyamu dengan bahasa yang indah.” tutup Masmin.

Disampaikan pula oleh Hartiningsih dalam sambutannya bahwa dihadirkannya perwakilan alumni MAN 2 Kulon Progo dari  berbagai angkatan adalah untuk membentuk paguyuban alumni, dimana dengan adanya paguyuban ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahim dan kerja sama antara alumni dan MANDAKU. Mereka yang hadir adalah perwakilan alumni tahun 2009 (Aris), 2014 (Teddy), 2017 (Anggit), 2018 (Siti Fatimah), dan 2019 (Habib). Acara berlanjut dengan pemberian penghargaan bagi guru dan siswa berprestasi, pembagian tali kasih GTT dan PTT, pembagian door prize, dan pembagian hadiah ‘MENTION#3’. (giant/ast)

Hits: 76

Bagikan pada...

Lihat juga

MAN 2 Kulon Progo Selenggarakan Workshop Madrasah Digital

Kulon Progo (MAN 2 KP-MANDAKU). Dalam upaya mencapai kemandirian menuju madrasah digital dalam rangka menhadapi …

Satu Komentar

  1. Kemarin nomorku terdengar dipanggil utk ambil dooprize, tp sengaja gak tak ambil, tak ihlaskan utk siswa saja ..😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.