Jumat, 19 April 2024
Berita Terbaru

MAN 3 Sleman Kunjungi MAN 2 Kulon Progo untuk Studi Tiru ZI WBK WBBM

Kulon Progo (MAN 2 KP – MANDAKU) . Sejak tahun 2019 MAN 2 Kulon Progo ditetapkan oleh Kemenag RI sebagai pilot project Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).ย  Setelah melalui proses penilaian yang sangat ketat akhirnya MANDAKU lolos penilaian dari Kemenag RI dan diajukan ke penilaian Kemenpan RB untuk memastikanย  layak tidaknya menyandang predikat WBK WBBM. Desk Evaluation oleh Kemenpan RB sudah dilalui pada 12 November ย 2021 lalu. Sejak itu, silih berganti tamu datang dari berbagai madrasah untuk studi tiru, tak terkecuali MAN 3 Sleman. Kedatangan rombongan MAN 3 Sleman diterima dengan baik oleh kepala madrasah Hartiningsih, M.Pd. beserta tim ZI MANDAKU, (17/11/2021).

Proses tahap demi tahap yang sudah berhasil dilalui oleh MANDAKU dalam pembangunan ZI WBK WBBM ini memjadi daya tarik bagi MAN 3 Sleman untuk studi tiru. Rombongan yang berjumlah 30 orangย  dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Akhmad Mustaqiem, S.Ag, M.A.. Mereka ย ingin belajar lebih banyak tentang proses menyiapkan penilaian ZI WBK WBBM tahap I oleh Kemenag RI.

Dalam sambutannya, Mustaqiem menyatakan sangat senang dan berterima kasih atas sambutan Tim ZI MANDAKU yang luar biasa. “Maksdud dan tujuan kami datang ke MAMDAKU untuk belajar tentang proses pembangunanย  ZI WBK WBBM yang sdh dilakukan hingga bisa berhasil sampai tahap penilaian akhir,” ungkap Kepala MAN 3 Sleman tersebut.

Sebagai Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih ย menyambut baik kunjungan dan berharap MAN 3 Sleman juga bisa berhasil melalui tahap-tahap penilaian dan akhirnya bisa lolos menyandang predikat WBK WBBM. “Penunjukan MAN 2 Kulon Progo sebagai pilot projectย  ZI WBK WBBM merupakan sebuah anugerah tersendri. Sebenarnya pembanguan ZI WBK WBBM adalah sebuah keharusan dalam sebuah proses manajemen pengelolaan sebuah instansi. Maka dengan melalui tahap pembanguanan ZI WBK WBBM ini, kita tidak semata-mata berorentasi pada penilaian saja tapi juga lebih pada penatan sistem yang akuntabel. Semoga bonus predikat WBK WBBM dari Kemenpan RB juga berhasil diraih oleh MANDAKU dan madrasah-madrasah lain yang sekarang juga baru dalam tahap penilaian WBM WBBM, termasuk MAN 3 Sleman,” ujar Aning (panggilan akrab Hartiningsih).

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh ketua ZI Drs. Amir Ma’ruf, M.A. Banyak pertanyaan dari MAN 3 Sleman yang menambah serunya pertemuan studi tiru. Sebelum sesi diakhiri, para tamu juga berkesempatan melihat eviden dari enam komponen ZI dilanjutkan dengan foto bersama. (ang/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Esti Winarni
Esti Winarni
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah…..semoga ada manfaatnya

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah…๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Siti Muslimah
Siti Muslimah
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah… Berbagi manfaat pada madrasah lain ๐Ÿ‘๐Ÿ‘