Jumat, 3 Mei 2024
Berita Terbaru

Heri Purwata Sampaikan Teknik Penulisan Berita di Workshop Jurnalistik MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP – MANDAKU). Masih dalam rangkaian kegiatan workshop jurnalistik MAN 2 Kulon Progo,  panitia menghadirkan narasumber yang luar biasa, Drs. H. Heri Purwata. Seorang jurnalis, penulis buku, editor, dosen, narasumber penulisan berita, peraih banyak penghargaan, kontributor website berbahasa Inggris yang berbasis di London, Pimpinan Redaksi jognews.com dan jogpaper.net. Adapun materi yang disampaikan yakni Teknik Penulisan Berita dan berlangsung di aula MAN 2 Kulon Progo, Jumat (5/11/2021).

Heri dengan gayanya yang lugas menyampaikan materi. Narasumber yang sangat telah banyak makan asam garam dunia jurnalistik ini, mampu menggugah minat peserta diklat untuk menulis. “Apakah menulis berita itu sulit?” Demikian pertanyaan dari pemateri ditengah-tengah penjelasannya.

“Menulis berita itu mudah jika penulis memahami konsep 5W+1H yang meliputi  who (siapa yang terlibat), what (apa yang terjadi), when (kapan peristiwa terjadi), where (di mana peristiwa terjadi), why (mengapa), dan how (bagaimana deskripsi peristiwa). Dengan mengembangkan model pertanyaan tersebut, menulis berita menjadi mudah.  Alur berita juga mudah dikembangkan,” papar Heri  bersemangat.

“Selain harus memahami 5W+1H, seorang penulis berita juga dituntut untuk mampu menyusun lead (teras berita) dan judul berita yang menarik bagi pembaca. Dalam menulis berita,  sekurang kurangnya ada dua narasumber. Yang perlu diingat bahwa hindari mengajukan pertanyaan yang sama kepada narasumber. Ini bertujuan agar lebih banyak informasi yang bisa digali dari narasumber,” tambah Heri dalam jabaran materinya.

Untuk lebih memahami proses penulisan berita,  Heri juga mengajak seluruh peserta workshop untuk praktik langsung menyusun sebuah berita. Di akhir pemaparan materinya, Heri berpesan untuk menulis dengan gaya sendiri meskipun hasil rangkuman beberapa pemaparan orang lain. Ini perlu dilakukan supaya tulisan berita yang ditulis bebas dari plagiasi. (yul/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah..👍👍👍

Esti Winarni
Esti Winarni
2 tahun yang lalu

Materinya sangat bagus, begitu juga pemaparannya semoga menjadi bekal para siswa untuk mengembangkan bakat menulisnya.