Sabtu, 20 April 2024

Bramma; Menuju Branding Madrasah Harus Gigih Menulis

Kulon Progo (MAN 2 KP – MANDAKU) . Sebuah lembaga pasti membutuhkan pengakuan dari pihak lain. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memberitakan informasi apapun mengenai lembaga tersebut. Branding sebuah lembaga sangatlah penting untuk mengangkat nama lembaga tersebut. Materi Branding Madrasah Melalui Publikasi yang disampaikan oleh Bramma Aji Putra, S.Kom.I. sangat relevan dengan tujuan diselenggarakannya workshop jurnalistik MAN 2 Kulon Progo di Aula Unit 2, (5/11/2021).

 

Mengawali materinya, Bramma (panggilan akrab Β Bramma Aji Putra) mengatakan bahwa 95% orang mengatakan bahwa menulis itu merupakan sebuah kebiasaan. β€œKetika tulisan ditolak maka seorang penulis tidak boleh putus asa dan terus mencoba. Demikian pula saat dulu pertama saya menulis, Β saya ingin membuat pihak surat kabar bosan menerima tulisan-tulisan saya, memenuhi keranjang sampahnya, dan pada akhirnya mereka melihat kegigihan saya,” ungkap Pranata Humas Kanwil Kemenag DIY yang telah mengukirkan namanya di berbagai media cetak melalui 110 artikel opininya.

Melalui sajian materi yang runtut dan tertata rapi, peserta memperoleh ilmu tentang teknik dan tata cara menulis. Mulai dari mengapa harus menulis, syarat menulis artikel yang marketable, sampai langkah-langkah menulis artikel. Bahkan seperti di kesempatan-kesempatan lainnya saat mengisi materi, Bramma selalu bisa membangun suasanaΒ  dan sebagai kompensasinya ia membagikan buku-buku karyanya untuk peserta yang aktif. Seperti halnya Yuliati, S.Pd. yang mendapatkan buku Tugasku IbadahkuΒ  dan Liina Lailatussa’adah mendapat buku Catatan Hati dari Tanah Suci, Di akhir sesi, Bramma menyampaikan harapannya agar setelah mengikuti workshop ini, peserta pelatihan mampu membantu pihak madrasah untuk membumikan nama MAN 2 Kulon Progo melalui tulisan-tulisan mereka. Ditegaskan pula oleh Hartiningsih, M.Pd. bahwa tugas membesarkan nama MAN 2 Kulon Progo bukan hanya tugas tim Humas, tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh warga madrasah. (yul/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Esti Winarni
Esti Winarni
2 tahun yang lalu

Semoga nama MANDAKU selalu dikenal dengan goresan2 tangan para warga madrasah.

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah..πŸ‘πŸ‘πŸ‘