Sabtu, 20 April 2024

Tingkatkan Komunikasi, MAN 2 Kulon Progo Gelar PAKIS

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Keberhasilan sebuah tim salah satu kuncinya adalah komunikasi yang terjalin dengan lancar. Di masa pandemi hal ini tentu tidak mudah. PPKM membatasi interaksi dan kerumunan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid 19. Kondisi ini tidak menyurutkan semangat MAN 2 Kulon Progo (MANDAKU) untuk terus berupaya menjalin komunikasi dengan seluruh pegawai dan guru. Kegiatan yang dikemas dalam SAPA KAMIS (PAKIS) MANDAKU dilaksanakan setiap hari Kamis. Kegiatan perdana digelar pada (19/8/2021) lalu melalui aplikasi Zoom Meeting diikuti seluruh guru dan pegawai MAN 2 Kulon Progo.

PAKIS membahas program, kegiatan, dan evaluasi dari seluruh agenda yang sudah berjalan di madrasah. Adapun sebagai host, Astiti, S.Pd., guru bahasa Indonesia yang sudah kerap kali tampil di dunia MC dalam berbagai kegiatan.

Melalui kegiatan ini, seluruh guru dan pegawai saling memberi masukan usulan dan diskusi tentang program kerja yang dipaparkan oleh masing-masing tim manajemen. Sebelumnya, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. memberikan arahan motivasi dan juga memaparkan tentang penguatan ZI WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) di MAN 2 Kulon Progo.

β€œHal yang penting untuk tetap kita jaga adalah membangun komitmen Integritas dengan dasar Lima Budaya Kerja, Prinsip Pelayanan CeTTAR, dan slogan Mempesona Kanwil DIY. Hal ini dalam rangka meningkatkan pelayanan public kepada siswa, orang tua/wali siswa dan masyarakat. Dengan kegiatan PAKIS MANDAKU ini, setiap program bisa tersosialisasi dengan baik. Imbasnya seluruh guru dan pegawai akan ikut terlibat serta berperan untuk menyukseskan program yang sudah dicanangkan,”jelas Hartiningsih saat memberi arahan dan motivasi.

Dalam kesempatan tersebut Aning (sapaan akrab Hartiningsih) menginformasikan hasil penilaian internal Kemenag RI bahwa MAN 2 Kulon Progo lolos dengan nilai 82,48. Selanjutnya akan diadakan penilaian oleh responden di tanggal 1 s.d. 12 September 2021. β€œNamun demikian masih banyak PR kita untuk memperbaiki catatan-catatan yang harus segera ditindaklanjuti,” Aning mengingatkan.

Lebih lanjut kepala madrasah yang rela sehari menempuh jarak kurang lebih 72 km ini memaparkan catatan dan evaluasi selama tujuh bulan membersamai MAN 2 Kulon Progo. Aning juga menekankan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19, serta memotivasi bekerja dalam pandangan Islam yang berarti Ibadah bahwa bekerja merupakan perintah Allah, bekerja berarti Rahmat sebagai sarana sampainya rezeki, bekerja adalah Amanah dalam melaksanakan tanggung jawab, dan bekerja adalah Panggilan sebagai motivasi dalam bekerja. β€œBahwa keikhlasan dan kesuksesan sebuah program kegiatan adalah kesuksesan bersama. Maka, perlu komunikasi yang intens antarwarga madrasah,” tutup Aning mengakhiri arahannya.

Sebelum PAKIS ditutup dengan doa oleh Drs. H. Suyasman, wakil kepala bidang Kurikulum juga menyampaikan informasi dan evaluasi pelaksanaan PJJ dan agenda Sepetember. Sedang bidang Kesiswaan menginformasikan prestasi siswa dan juga permohonan doa untuk para siswa yang tengah dan akan mengikuti pelbagai lomba termasuk KSM dan Lomba basa Jawa, sedang dari Tim ZI akan dipaparkan di PAKIS depan. (est/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
4 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
2 tahun yang lalu

Smg dengan adanya program PAKIS MANDAKU komunikasi bisa tetap bisa terjalin dan info2 program cepat tersampaikan.

Esti Winarni
Esti Winarni
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah,program yang sangat bagus menjalin komunikasi dan menggali inspirasi.

Sugiyanta
Sugiyanta
2 tahun yang lalu

Selalu bersatu padu demi kejayaan pendidikan madrasah.

Imam Muttaqien
Imam Muttaqien
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah…πŸ‘πŸ‘πŸ‘