Selasa, 30 April 2024

Tim Riset MAN 2 Kulon Progo Raih Prestasi Berkelas Dunia

Kulon Progo (MAN 2 KP) . Prestasi setaraf internasional kembali diraih MAN 2 Kulon Progo. April 2021, Tim riset MAN 2 Kulon Progo meraih Juara 3 Youth International Science fair (YISF) oleh IYSA (Indonesian Young Scientist Association). Kini, dua medali emas berhasil disabet dalam ajang Indonesia Education International Innovative Competition (), sebuah kompetisi karya ilmiah setingkat internasional yang diadakan oleh IFPRI (Indonesian Federation Publisher of Research Innovation). Kompetisi yang dihelat sejak 25 Mei dan diumumkan hasilnya pada Kamis (24/6/2021) ini diikuti kurang lebih 100 peserta mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi dengan empat kategori yakni Science, Technology, Business Plan, dan Junior Class.

“Selamat untuk anak-anak hebat yang tergabung dalam Tim Riset MAN 2 Kulon Progo, atas pretasinya meraih medali emas. Keberhasilan dalam lomba riset ini merupakan bukti nyata komitmen kami sebagai madrasah riset yang terus melakukan berbagai upaya menumbuhkan semangat riset untuk peserta didik dan Bapak Ibu guru tentunya. Dengan adanya program riset ini, pembelajaran menjadi lebih menarik dan menantang. Peserta didik bukan lagi hanya memahami secara teoritis saja tetapi juga sudah dapat mengimplementasikan teori yang didapat,” ungkap Hartiningsih, M.Pd., kepala MAN 2 Kulon Progo. Ia juga berharap  dengan adanya  program riset di madrasahnya akan melahirkan generasi-generasi bangsa yang bisa berpikir kritis dan memiliki kemampuan problem solving yakni kemampuan  menyelesaikan  segala masalah dan mengambil keputusan yang sulit.

Seperti yang dituturkan Septiyana Baroroh, S.Pd., M.Si., supervisior riset MAN 2 Kulon Progo dari Edu Riset mengatakan bahwa dari dua tim yang dikirimkan, semuanya mendapat medali emas. Kedua tim mengambil kategori Science. Tim riset pertama dengan judul Gummy Candies based on Kenikir Extract (Cosmos Caudatus), Appetite Enhancing Supplements for Children dan tim riset kedua berjudul Edible Coating Based On Mangrove Leaf and Seaweed and It’s Application on Kelengkeng (Dimocarpus longan). Pengumuman pemenang dikirim melalui grup WhatsApp Ketua Tim dalam bentuk PDF.

“Setelah dilaksanakan bimbingan secara intensif dan rutin tentang cara penyusunan proposal hingga pelaksanaan penelitian dari Edu Riset dan guru-guru KIR MAN 2 Kulon Progo, kemudian dilakukan beberapa tahapan kompetisi. Dimulai dari pendaftaran dan pengiriman abstrak penelitian, pengiriman paper penelitian dan video hasil penelitian hingga presentasi dengan juri secara daring melalui zoom. Alhamdulillah, anak-anak riset MAN 2 Kulon Progo berhasil melaluinya dengan baik,” jelas Septiyana. “Selama 15 menit mereka presentasi menggunakan bahasa Inggris. Lima menit presentasi hasil produk dan 10 menit sesi tanya jawab.

Sofi Septiana, salah satu anggota tim riset dua mengungkapkan rasa syukurnya, “Saya sangat senang dan antusias dalam lomba penelitian. Saya suka mencoba hal-hal baru dalam penelitian dan Alhamdulillah, hasilnya memuaskan. Semoga hal ini dapat menambah semangat, dorongan, dan motivasi teman-teman lain untuk berprestasi demi MAN 2 Kulon Progo tercinta ini,” ,” tutur remaja yang juga prestasi di bidang tenis meja hingga tingkat provinsi ini.

Adapun anak-anak hebat Tim Riset 1 antara lain Amellisa Fimala Catri, Haniifah Nabiila Aabidah, dan Reza Wahyu Hidayat. Sedang Tim Riset 2 terdiri atas Solikhah Puji Rahayu (Ketua), Sofi Septiana, dan Diah Nur Ariyani. Mereka adalah siswa kelas riset di bawah asuhan guru pembimbing Farida Rahmawati,M.Pd., dan Panzi Ahmad Gozali, S.Pd. (ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
4 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Esti Winarni
Esti Winarni
2 tahun yang lalu

Selamat Tim Riset MANDAKU,sukses selalu.Terus belajar dan selalu belajar untuk mempertahankan dan meraih prestasi.Semoga dapat menjadikan temannya termotifasi .

Esti S.
Esti S.
2 tahun yang lalu

Salamat, atas keberhasilan tim riset MAN 2 PK, semoga berkah dan bermanfaat…

Siti Muslimah
Siti Muslimah
2 tahun yang lalu

Selamat buat tim Riset MANDAKU… Wujud nyata dari Madrasah Riset .. nambah berkah dan membawa manfaat, maslahat bagi umat.
Barakallahu fiikum

FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
2 tahun yang lalu

Dibalik indahnya sebuah karya ada proses panjang dan berliku yg harus dilalui. Bisa menyabet medali emas, bukan hal yg mudah. Alhamdulillah, anak2 riset MANDAKU punya semangat yg tinggi utk belajar dan pantang menyerah dlm mengikuti arahan dari pembimbing.

Bersyukur jg punya partner pembimbing yg solid, saling berbagi tugas sesuai passion ilmu yg dimilikinya.

Matur nuwun bu Aning dan Bpk/ibu guru + pegawai MANDAKU semuanya atas doa dan dukungannya kpd kami.
Smg Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahan dan kesehatan utk semuanya. Aamiin…