Selasa, 30 April 2024

Rapat Kerja MAN Kulon Progo Tahun Pelajaran 2021/2022, Dihadiri Kakan Kemenag Baru

Kulon Progo (MAN 2 KP) – “Kesuksesan akan terbangun jika ada kebersamaan, kebersamaan menjadi kata kunci suksesnya rapat kerja kali ini. Sesuatu dibilang sukses jika semua merasakan kesuksesan itu,” itulah pesan yang disampaikan Kepala Kankemenag Kabupaten Kulon Progo baru, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd., saat membuka Rapat Kerja MAN 2 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2021/2022. Bertema ‘Satukan Tekad, Samakan Visi, Lakukan Aksi, Tingkatkan Prestasi Berkelas Dunia’, Rapat Kerja tahun ini  diselenggarakan di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus 2, Rabu (23/6/2021) siang.

Merangkum dari banyak hal yang disampaikan Kakankemenag Kulon Progo, bahwa MAN 2 Kulon Progo sudah memiliki branding keterampilan. Hal ini tidak akan lepas dari dunia industri, terlebih mereka akan bersinggungan dengan globalisasi, liberalisme, dan kapitalisme. “Tentunya ini akan memunculkan ada pergeseran filosofi, untuk itu nilai-nilai spiritual, paradigmatis,  dan filosofis yang harus tetap kita jaga.” Ungkap Jamil memberikan solusi dari permasalahan sekarang.

Lebih lanjut Wahib Jamil menekankan bahwa ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam moderasi beragama dan ketiganya harus menjadi satu kesatuan dalam membangun moderat beragama. “Moderasi harus ditanamkan dalam konteks pemikiran dan keyakinan, perilaku keseharian, serta dalam gerakan proses pendidikan. Hal ini penting karena peserta didik saat ini dapat mudah memperoleh informasi dari berbagai media baik cetak maupun elektronik dan juga internet,” tegasnya.

Menurut mantan Kabag TU Kanwil Kemenag DIY ini, guru tidak boleh ketinggalan serta harus memiliki berbagai inovasi pendekatan terkait pola pendidikan dalam moderasi beragama di madrasah. “Pendekatan dalam pola pendidikan moderasi beragama tidak boleh hanya monodisiplin, tetapi harus interdisiplin, transdisiplin, dan multidisiplin. Pola pemikiran peserta didik tidak boleh lagi terbelenggu dengan persoalan-persoalan tekstual,” tambah Jamil.

Sementara itu kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., mengatakan bahwa di dalam rapat kerja ini harus menghasilkan rencana yang matang. “Perencanaan matang harus dilakukan agar berjalan secara harmonis, serta ada target yang akan dicapai dan dievaluasi agar menjadi lebih baik lagi. Program tidak boleh berjalan masing-masing, atau bahkan yang penting berlangsung saja. Tentunya di dalam rapat kerja ini, semua ide-ide brilian terkait peningkatan motivasi belajar peserta didik serta kemajuan madrasah dari Bapak Ibu akan kami tampung untuk ditindaklanjuti, serta akan direalisasikan jika sesuai visi dan misi madrasah, baik jangka pendek, menengah, maupun  jangka Panjang,” tutur Hartiningsih memotivasi.

“Satukan langkah, satukan misi, dan tingkatkan prestasi. Ayo, bareng-bareng bangun madrasah dengan ide-ide kita. Silakan salurkan idenya ke saya langsung juga bisa. Mari kita berjuang bersahabat dengan pandemi serta berjuang lepas dari zona nyaman,” ajaknya, sekaligus mengakhiri sambutan,

Acara seremonial pembukaan Rapat Kerja diakhiri dengan serah terima draf hasil Rapat Kerja dari Kepala MAN 2 Kulon Progo kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo. Setelahnya, setiap bidang komisi mempresentasikan program-programnya yang telah disusun sejak Senin (21/6/2021). Terdapat 10 bidang ruang lingkup yang dibentuk yakni Bidang Kehumasan, Bidang Sarana dan Prasarana, Bidang Keterampilan, Bidang Perpustakaan dan Literasi, Bidang Reformasi Birokrasi/ Zona Integritas. Bidang Keagamaan dan Boarding, dan Bidang Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah.

Tanggapan terhadap pemaparan masing-masing komisi pun berlangsung antusias. Hal ini membuktikan bahwa komitmen guru dan pegawai MAN 2 Kulon Progo terhadap kemajuan madrasahnya sangat solid. Terbukti, meski rapat kerja diadakan di waktu libur semester, mereka tetap hadir dengan tertib dan mempertanggungjawabkan masing-masing tugasnya.  Demi menjaga keamanan bersama, rapat kerja dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, wajib bermasker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan atau menggunakan handsanitizer. (pan-ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
6 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aziz Inblokos
Aziz Inblokos
2 tahun yang lalu

Kesempatan yang luar biasa, dapat belajar bersama.. terima kasih, jaya terus Mandaku, 💪👍😁

Sugiyanta
Sugiyanta
2 tahun yang lalu

Bersama meraih prestasi, bersama mencerdaskan anak bamgsa

Farida Rahmawati
Farida Rahmawati
2 tahun yang lalu

Bismillah…
Smg program dan inovasi yg sdh dirancang bersama dalam raker ini dapat terlaksana dg lancar dan sesuai yang diharapkan. Aamiin…

As'adi
As'adi
2 tahun yang lalu

Kolobis kuntol baris…dengan penuh semangat kereta mandaku melaju dengan pasti. Mantabbb

Esti Winarni
Esti Winarni
2 tahun yang lalu

Semoga MANDAKU mampu mewujudkan Visi Misi dengan bersama menorehkan prestasi ,melangkah bersama menuju kelas Dunia.Sukses selalu MANDAKU.

yuli
yuli
2 tahun yang lalu

To be the best is not easy….togetherness is always needed to gain the goal….